>

Listrik Sehat dan Hemat Serta Internet Sehat

     Di setiap rumah pasti memiliki listrik. Listrik merupakan hal yang sangat penting dalam rumah karena listrik mengalirkan energi supaya beberapa benda yang harus menggunakan listrik dapat hidup/nyala. Akan tetapi, listrik dalam instalisasinya terkadang belum sesuai standar yang ada dan membuat listrik menjadi bahaya yang dapat mengancam rumah. Sama halnya dengan listrik, penggunaan internet oleh masyarakat untuk berkomunikasi, sampai mendapatkan informasi maupun pengetahuan. Internet digunakan oleh semua kalangan dari orang tua, remaja, maupun anak-anak. Walaupun internet memiliki banyak manfaat tetapi bila anak-anak menggunakan internet tanpa pendampingan orang tua, banyak sekali konten yang tidak sesuai untuk usia anak-anak. 

     Berdasarkan hal tersebut, Program studi Teknik Informatika bersama Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Pancasila mengadakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yaitu Penyuluhan Listrik Sehat dan Hemat Serta Internet Sehat. Kegiatan PkM ini diketuai oleh Noor Suryaningsih, ST., MT (Dosen Teknik Elektro Universitas Pancasila) dan beranggotakan Febri Maspiyanti, S.Kom., M.Kom (Teknik Informatika Universitas Pancasila); Dr. Ir. Dewanto Indra K, MM., MT (Dosen Teknik Elektro Universitas Pancasila); Dr. Ir. Ridwan Gunawan, MT (Dosen Teknik Elektro Universitas Pancasila; Dr. Ionia Veritawati, S.Si., MT (Teknik Informatika Universitas Pancasila). Penyuluhan ini dilakukan di Kecamatan Babakan, Kabupaten Cirebon dengan peserta dari perangkat desa yang diwakilkan oleh perangkat kersa dari masing-masing desa. Penyuluhan Listrik dan Internet Sehat ini bertujuan untuk mengedukasi tentang instalisasi listrik rumah tangga dan secara khusus akan menambah pengetahuan masyarakat tentang pentingnya instalasi listrik yang aman dan penggunaan listrik yang sehat dan hemat serta memberikan edukasi mengenai pentingnya pengendalian akses internet bagi generasi muda terutama anak-anak. Penyuluhan ini sudah sangat ditunggu-tunggu oleh para peserta karena dengan adanya penyuluhan tentang listrik dan internet sehat ini dapat meningkatkan kesadaran akan keamanan penggunaan teknologi yang semakin marak digunakan. 

     Penyuluhan ini dilaksanakan pada hari Kamis, 26 September 2019. Kegiatan dibagi ke dalam 4 sesi yaitu: Sesi 1 penyuluhan tentang Penginstalasian Listrik Rumah Tangga oleh Dr. Ir. Ridwan Gunawan, MT; Sesi 2 penyuluhan tentang Cara Menggunakan dan Memelihara Alat-Alat Elektronik di Rumah Tangga oleh Noor Suryaningsih, ST., MT; Sesi 3 penyuluhan tentang Pemantauan dan Pengedalian Akses Internet Oleh Adi Wahy Pribadi, ST., M.Kom; Sesi 4 Pelatihan tentang Tes Kepribadian Melalui Aplikasi Pada Telepon Seluler Oleh Dr. Ionia Veritawati, S.Si., MT. 

Sesi 1. Penyuluhan Cara Menggunakan dan Memelihara Alat Elektronik Di Rumah Tangga

Sesi 2. Penyuluhan Penginstalasian Listrik Rumah Tangga

Sesi 3. Penyuluhan Pemantauan dan Pengendalian Internet

      Para peserta mengikuti 4 sesi dengan topik dan narasumber yang berbeda-beda. Selanjutnya, pengisian kuesioner online untuk mengetahui penilaian tentang kegiatan penyuluhan ini. Setelah para peserta mengisi kuesioner online, acara ditutup dengan foto bersama dengan para peserta. 

Foto Bersama