>

Pembangunan Infrastruktur di Kampung Baru

Setiap perguruan tinggi di Indonesia memiliki kegiatan yang berfokus kepada masyarakat. Berdasarkan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang merupakan tiga pilar dasar pola pikir dan menjadi kewajiban bagi mahasiswa yang terdiri dari: Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengembangan, dan juga Pengabdian kepada Masyarakat. Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) bertujuan membantu masyarakat tertentu dalam beberapa aktivitas tanpa mengharapkan imbalan dalam bentuk apapun. Salah satunya adalah Pembangunan Infrastruktur di Kampung Baru. Dalam kegiatan ini, menerapkan SDGs Chapter #11 Sustainable Cities and Communities. 

Kegiatan PkM ini merupakan bagian dari Teknik Pancasila Bangun Desa Jilid III (TPBD Jilid III). Kegiatan ini dilakukan dari tanggal 15 - 24 Juli 2019 dan bertempat di Kampung Legok Muncang dan Kampung Baru, Desa Leuwisadeng, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Kegiatan PkM pembangunan infrastruktur ini dilakukan oleh Program Studi Teknik Sipil Fakultas Universitas Pancasila dan diketuai oleh Dosen Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Pancasila yaitu Fadli Kurnia, ST., MT. 

Pembangunan infrastruktur jalan dilakukam sepanjang jalan lingkungan yang menghubungkan dari Kampung Legok Muncang ke Kampung Baru. Kegiatan PkM ini dilakukan dengan membangun jalan yang dimulai dari jalan depan gapura sampai dengan Kampung Baru. Kegiatan PkM dimulai dengan pemadatan tanah dan pengukuran dimensi jalan yang akan dibangun. Setelah itu, membuat lapisan pondasi dan pemasangan wiremess sesuai dengan ukurannya. Pemasangan bekisting untuk setiap jalan yang dicor, dan diselesaikan dengan pengrataan permukaan jalan.  

Sebelum adanya pembangunan infrastruktur jalan, para warga sering mengalami kecelakaan terutama ketika musim hujan yang dikarenakan keadaan jalan rusak dan kurangnya penerangan jalan. Dengan adanya pembangunan infrastruktur jalan ini diharapkan membantu warga Desa Leuwisadeng khususnya Kampung Legok Muncang dan Kampung Baru dalam aktivitas setiap harinya.