>

Pemetaan Kebisingan Pada Area Produksi PT DRA Component Persada Dengan Menggunakan Metode Zona Kontur

Dalam hal kenyamanan saat bekerja tergantung pada lingkungan yang beraada di sekitar tempat kerja. Lingkungan kerja dapat mempengaruhi tingkat produktivitas seseorang dalam bekerja. Salah satunya tingkat kebisingan yang diterima oleh pekerja. PT DRA Component merupakan perusahaan manufaktur yang memproduksi berbagai jenis baut namun dalam proses pembuatannya kondisi area produksi kurang nyaman karena kebisingan yang cukup tinggi terjadi pada area tersebut. Berdasarkan hal diatas kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) kali ini dilakukan dengan kegiatan pemetaan yang dijadikan acuan untuk analisis resiko hingga pada akhirnya akan didapatkan gambaran atau peta resiko yang terjadi akibat kebisingan yang akan terjadi pada area produksi perusahaan. Dalam kegiatan PkM kali ini dilakukan oleh Dosen Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Pancasila yaitu Bambang Chayadi, ST., MT (Ketua Pengabdi) bersama dengan Sodikun, ST., MT dan Nuryani Tinumbia, ST., MT. 

Menurut Keputusan Menteri Tenaga Kerja No. KEP-51/MEN/1999, kebisingan adalah semua suara yang tidak dikehendaki yang bersumber dari alat-alat proses produksi dana atau alat-alat kerja yang berada pada titik tertentu dapat menimbulkan gangguan pendengaran. Pada kegiatan ini, dilakukan dengan pemetaan kebisingan pada area tersebut dengan menggunakan metode zona kontur. Hasil dari pemetaan tersebut akan dianalisis untuk pemetaan resiko apa saja yang dapat terjadi. Selanjutnya ditentukan penggunaan alat pelindung pendengaran yang sesuai berdasarkan Noise Reduction Rate (NRR). 

Setelah semua selesai, diadakan sosialisasi kepada pihak perusahaan agar pemahaman dan kesadaran kerja terhadap kesehatan kerja dapat meningkatkan. Kesehatan kerja yang meningkatkan dapat meminimalisir adanya dampak buruk untuk kesehatan para pekerja. Tidak hanya itu, dengan adanya kegiatan ini para pekerja menjadi nyaman untuk bekerja dan memiliki produktivitas kerja yang meningkat pula.