>

Kontribusi Program Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

 

Universitas Pancasila  sebagai salah satu perguruan tinggi di Indonesia menerapkan pilar Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM). Melalui bantuan Pendanaan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi , Riset, dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, kebudayaan, Riset dan Teknologi. Bantuan dengan program Penelitian kebijakan Merdeka Belajar kampus Merdeka dan Pengabdian kepada mayarakat berbasis Hasil Penelitian Perguruan Tinggi Swasta Ditjen DiktiRistek tahun 2021. Pada kegiatan PkM ini dalam upaya meningkatkan infrastuktur daerah, yakni melakukan perbaikan jalan Desa Kalisari, Kecamatan Sukajaya, kabupaten Bogor, Jawa Barat dengan menggunakan Aplikasi Soil Stabilizer yang merupakan hasil riset. Program perbaikan jalan desa Desa Kalisari, Kecamatan Sukajaya, Bogor, Jawa Barat, yang merupakan salah satu desa binaan Universitas Pancasila.

"Kegiatan PKM dengan mengaplikasikan material baru berupa soil stabilizer hasil penelitian dapat memperkuat stabilisasi tanah (soil semen)dan dapat diterapkan pada jalan di pedesaan,"

Ketua Pelaksana PKM Dr Ir Jonbi, MT, MM, MSi

 

Menurut ketua Pelaksana PKM Dr. Ir. Jonbi, MT.,MM.,MSi, problem utama jalan di pedesaan adalah masih banyaknya jalan yang belum diaspal atau dibeton, sehingga jalan desa tersebut seringkali mengalami kerusakan terutama di musim hujan, Hal ini tentu menjadi penghambat kegiatan ekonomi masyarakat. Material soil stabilizer yang digunakan merupakan material ramah lingkungan, dengan memanfaatkan material sekitar yang ada. Dan hal penting dapat mengurangi dampak lingkungan karena selama ini pada pembuatan jalan aspal dan beton, terjadi explorasi sumber daya alam yang ada seperti pertambangan batu split, pasir dan sebagainya secara berlebihan. Dapat mengurangi biaya dan waktu pekerjaan insfrastruktur yang sedang berlangsung, mengingat pekerjaan jalan dengan soil stabilizer ini pekerjaan menjadi cepat pelaksanaan.

Fungsi dan manfaat pengabdian masyarakat ini agar penduduk desa kalisari mendapatkan solusi dalam mengatasi masalah jalan desa, sehingga menjadi layak sebagai sarana transportasi. Pada PKM yang dilaksanakan di desa kalisari ini, kami memperbaiki beberapa ruas jalan yang tadinya hanya 1,5 meter menjadi sekitaran 3-4 meter dengan panjang disesuaikan dengan kondisi setempat.

"Pada pengerjaan perbaikan jalan desa kami melibatkan penduduk setempat secara aktif dan bergotong royong dalam rangka mengatasi jalan desa. Agar semangat Kepada penduduk yang bekerja bergotong royong diberikan upah/ uang pengganti sehingga para penduduk yang terlibat dalam pengerjaan jalan desa ini tidak kehilangan pendapatan harian"

Ketua Pelaksana PKM Dr Ir Jonbi, MT, MM, MSi

 

Selain Jonbi ada beberapa anggota PKM yang terlibat dalam program ini diantaranya adalah : Dr. Ir. A.R. Indra Tjahjani, MT , Dr. Agri Suwandi, ST., MT , Fadli Kurnia, ST., MT dan melibatkan 4 mahasiswa dari jurusan Teknik Sipil yakni : Daral Suraedi, Farhan Rafliansyah, Mohamad Reza Fahlevi, Akhmad Jarkasi Matondang dan 2 dari Fikom yakni Shaquille dan Putri. Jonbi mengungkapkan dengan adanya perbaikan jalan desa Kalisari ini akan berdampak pada kegiatan ekonomi dan sosial. Beberapa dampak positif yang diharapkan diantaranya adalah: Jalan desa yang dibangun menjadi sarana transportasi yang memudahkan masyarakat melakukan kegiatan ekonomi seperti menjual hasil pertanian, perkebunan dan sebagainya. Kegiatan Pelaksanaan perbaikan jalan desa di laksanakan pada periode 19-25 Desember 2021. Kegiatan ini berjalan lancar berkat dukungan berbagai pihak. 

Simak untuk video kegiatan melalui tautan berikut :

https://www.youtube.com/watch?v=N7HpzJTEjW0

 

 

Sumber:

 

https://www.tribunnews.com/tribunners/2021/12/24/perbaiki-jalan-desa-kontribusi-nyata-program-penelitian-dan-pengabdian-masyarakat

 

https://metro.sindonews.com/read/638273/171/pembangunan-jalan-desa-kalisari-gunakan-soil-stabilizer-1640344368

 

https://brt.st/7x7c