>

Pemberdayaan Kelompok Masyarakat

Pada tanggal 16 Juli 2019 telah dilakukan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Universitas Pancasila yang terdiri dari Tim Dosen Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Pancasila (FTUP), dan Dosen Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasila (FEBUP) bekerjasama mengadakan kegiatan pengabdian pada masyarakat bekerjasama dengan lokasi mitra Yayasan Nurul Amanah. Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini merupakan kegiatan Hibah Pengabdian kepada Masyarakat Kemenristek Dikti Tahun 2019 Program Kemitraan Masyarakat (PKM). Tema kegiatan engabdian pada masyarakat adalah “Pemberdayaan Kelompok Masyarakat Non Ekonomi di Lembaga Pendidikan Keagamaan untuk Menjadi Penggerak Sosial”.

Peserta dalam kegiatan ini merupakan para santri dari Yayasan Nurul Amanah. Kegiatan ini terdiri dari tiga tahap, yang pertama pelatihan desain produk menggunakan perangkat lunak dan penggunaan 3D printing.  yang dilaksanakan pada tanggal 16-19 Juli 2019. Dalam pelatihan ini, para peserta yang terdiri dari tiga peserta membuat produk sederhana seperti kunci pas sampai dengan produk yang dirakit seperti pulley. Sedangkan penggunaan 3D printing dilkukan untuk membuat produk kerajinan tangan seperti gantungan kunci dan aksesoris.

Setelah kegiatan tahap 1, dilanjutkan dengan kegiatan tahap kedua yang dilakukan pada tanggal , pelatihan pengolahan dan penerapan teknologi limbah B3 rumah tangga menjadi produk kreatif, pelatihan ini terdiri dari pelatihan keterampilan pembuatan kerajinan tangan dan uji coba tingkat keterampilan peserta didik. Dalam kurun waktu 10 jam para peserta diberikan studi kasus untuk membuat kerajinan tangan dari mulai desain sampai dengan pembuatan kerajinan tangan. Setelah menyelesaikan pelatihan kedua, para peserta melanjutkan ke tahap 3 yaitu pelatihan kewirausahaan.

Para peserta merupakan agen perubahan dalam mempengaruhi lingkungan yang ada di sekitarnya untuk sadar dan peduli akan pengolahan limbah dengan menularkan pengetahuan pengolahan limbah yang dikaitkan dengan dasar-dasar kewirausahaan.