>

Creativity and Innovation to Sustainable Development Goals

 

 

 

 

Dalam membangun dunia yang lebih baik bagi manusia dan planet bumi, Anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada tahun 2015 menyerukan rencana untuk bertindak yaitu Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan yang dilakukan oleh semua negara - miskin, kaya, dan menengah, guna mempromosikan kemakmuran, serta melindungi lingkungan. Universitas Pancasila ikut berkontribusi dengan mengembangkan 6 (enam) dari 17 (tujuh belas) chapter SDGs, yaitu 4#: Pendidikan Berkualitas; #6: Akses Air Bersih dan Sanitasi; 7#: Energi Bersih dan Terjangkau; #9: Infrastruktur, Industri, dan Inovasi; #11: Kota dan Komunitas yang Berkelanjutan, #12: Produk Bersih.

Berdasarkan hal tersebut, Fakultas Teknik Universitas Pancasila telah menghasilkan berbagai perubahan dari berbagai aspek melalui karya dosen, dan mahasiswa untuk menyukseskan program Green Campus Universitas Pancasila dan SDGs tahun 2030. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan peringkat ke 28 UI Green Metric Ranking pada tahun 2022 secara nasional dan peringkat ke 255 secara Internasional. Selain itu FTUP telah memiliki beberapa Desa Binaan yang telah mewujudkan SDGs. Namun berdasarkan hasil kajian data yang dilakukan oleh Unit Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (UP2M) dan Unit SDGs Centre FTUP serta Unit Kemahasiswa menyatakan bahwa pemahaman dan kesadaran serta kepedulian mahasiswa di FTUP terhadap SDGs masih perlu ditingkat. FTUP berupaya meningkatkan kinerja IKU melalui kualitas maupun kuantitas penelitian dalam jumlah yang mencukupi yang sesuai dengan Renstra, serta Visi dan Misi Institusi, yaitu dengan memadukan hasil karya-karya inovasi mahasiswa dan dosen.

Maka dari itu, Fakultas Teknik Universitas Pancasila menggelar Webinar SDGs yang bertemakan "Creativity dan Innovation Sustainable Development Goals (SDGs)". Selain itu SDGs Centre FTUP membuat program khusus bagi mahasiswa supaya dapat menyalurkan ide kreatif dan inovatif melalui Youth SDGs Creativity Program yang disingkat menjadi YOSAM. Webinar SDGs  dan Launching YOSAM-FTUP 2023 diselenggarakan pada Kamis, 6 April 2023.

  

Webinar SDGs  dan Launching YOSAM-FTUP 2023 ini dihadiri oleh Kepala LPPM UP, Bapak Irfan Ihsani, ST., M.Sc yang memberikan opening speech dalam kegiatan Webinar SDGs. selain dihadiri oleh Kepala LPPM-UP, kegiatan webinar juga dihadiri oleh Dekan FTUP, Bapak Dr. Ir. Budhi M. Suyitno, IPM yang memberikan opening speech sekaligus membuka kegiatan Webinar SDGs. Webinar SDGs kali ini mengundang  narasumber Direktur Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Islam Indonesia yaitu Bapak Assc. Prof. Eko Siswoyo, ST., M.Sc.ES., Ph.D. Selain Webinar SDGs, sosialisasi YOSAM-FTUP oleh Kepala Unit SDGs Centre FTUP, Bapak Dr. Agri Suwandi, ST., MT., CIAR., INV. dengan dipandu oleh moderator, Ibu Noor Suryaningsih, ST., MT - Kepala Bagian Kemahasiswaan FTUP. Kegiatan Webinar SDGs dan Launching YOSAM-FTUP 2023  ini diikuti oleh dosen, dan mahasiswa dilingkungan FTUP.

Main Menu