>

Pembangunan Penerangan Jalan Dengan Lampu Panel Surya di Kampung Legok Muncang

Tri Dharma Perguruan Tinggi merupakan tiga pilar dasar pola pikir dan menjadi kewajiban bagi mahasiswa yang terdiri dari: Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengembangan, dan juga Pengabdian kepada Masyarakat. Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) bertujuan membantu masyarakat tertentu membantu masyarakat tertentu dalam beberapa aktivitas tanpa mengharapkan imbalan dalam bentuk apapun. Salah satunya adalah Pembangunan Penerangan Jalan Dengan Lampu Panel Surya di Kampung Legok Muncang. Dalam kegiatan ini menerapkan SDGs Chapter #7 Affordable and Clean Energy. 

Kegiatan PkM merupakan bagian dari Teknik Pancasila Bangun Desa Jilid III (TPBD Jilid III). Kegiatan ini dilakukan dari tanggal 17 - 27 Juli 2019 dan bertempat di Kampung Legok Muncang, Desa Leuwisadeng, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Kegiatan terbagi dua yaitu pekerjaan pembangkit dan penerangan jalan. Kegiatan PkM penerangan jalan ini dilakukan oleh Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Pancasila dan diketuai oleh Dosen Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Pancasila yaitu Gunady Haryanto, ST., MT.

Kampung Legok Muncang tidak memiliki penerangan jalan dan membuat aktivitas warga pada malam hari terganggu. Salah satu dampak yang dirasakan adalah warga sangat kesulitan untuk beraktivitas pada malam hari dan juga sering terjadinya kecelakaan. Penerangan jalan akan menggunakan energi surya. Penerangan jalan menggunakan tenaga surya merupakan sebuah alternatif yang murah dan hemat untuk digunakan sebagai sumber listrik penerangan karena menggunakan energi matahari yang dapat digunakan secara gratis dan tak terbatas.  

Pada awal kegiatan, membuat pondasi untuk tiang lampu. Di setiap titik yang dibangun lampu panel surya dan jumlah keseluruhan lampu panel surya yang akan dibangun adalah 7 buah dengan 2 buah tanpa tiang. Setelah itu, merakit komponen-komponen untuk panel surya dan tiang lampu dibuatkan pelindung agar tidak ada yang mengambil lampu ataupun panel surya tersebut. Selanjutnya, tiang lampu siap untuk didirikan di pondasi yang sudah dibuat sebelumnya. Kegiatan PkM penerangan jalan di Kampung Legok Muncang ini diharapkan dapat membantu masyarakat bisa beraktivitas dengan nyaman di malam hari dan tidak ada lagi kecelakaan yang terjadi di perjalanan.