>

International Webinar Universitas Pancasila 2021

 

Jakarta - Universitas Pancasila (UP) untuk mensukseskan UI GreenMetric, World University Rankings menyelenggarakan Webinar Internasional tentang Green Campus dan Sustainability Development Goals (SDGs) yang bertemakan "Technology Innovation & Implementation for Green Campus Based on Sustainable Development Goals (SDGs)" yang merupakan serangkaian dari acara HUT Universitas Pancasila ke-55 yang diadakan secara daring (online) pada tanggal 21 Oktober 2021. 

Tujuan diadakan Webinar Internasional adalah untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan tentang green campus dan SDGs. Selain itu, untuk menginformasikan inovasi dan implementasi teknologi di era pandemi Covid-19. Dengan webinar ini juga memberikan peluang bagi para dosen/peneliti dan mahasiswa untuk melakukan inovasi penelitian yang berkualitas untuk menyukseskan program SDGs, dan terbangunnya jaringan kerja sama penelitian dan pengabdian di tingkat nasional dan internasional. 

 Tema dalam Webinar Internasional dengan memadukan hasil penelitian, inovasi, dan industri 4.0 Universitas Pancasila berupaya meningkatkan kualitas maupun kuantitas penelitian dalam jumlah yang mencukupi. Sesuai dengan renstra, serta visi dan misi institusi, sehingga program Green Campus dan SDGs 2030 dapat terwujud dengan baik. 

"Universitas Pancasila berupaya menigkatkan kualitas dan kuantitas kajian sesuai rencana strategis dan visi maupun misi Universitas Pancasila. Oleh karena itu, diperlukan peningkatan pengetahuan dan implementasi penelitian untuk mewujudkan program Green Campus dan SDGs tahun 2030 dengan baik," ujar Rektor UP, Prof. Dr. Edie Toet Hendratno, SH., M.Si., FCBArb. 

"UP memiliki program green campus yang sejalan dengan SDGs Goals, antara lain kampus kami mengimplemtasikan efisien energi yang rendah emisi, melakukan konservasi sumber daya, dan meningkatkan kualitas lingkungan, dengan cara mendidik warganya untuk menjalankan pola hidup sehat, serta menciptakan lingkungan belajar yang kondusif secara berkelanjutan" ujar Ketua Dewan Pembina Yayasan Pendidikan dan Pembina UP, Siswono Yudo Husodo. 

Pembiacara utama dalam Webinar Internasional ini, yakni Menteri Bappenas, Dr. (H.C.) Ir. H. Suharsi Monoarfa yang dalam hal ini diwakili oleh staf ahlinya Dr. Vivi Yulaswati, M. Sc; Prof. Emil Salim (Menteri Negara KLH periode 1983-1993); Kepala LLDikti Wilayah III, Prof. Agus Setyo Budi; dan Chairperson of UI Green Metric, Prof. Rini Fitri Sari. 

Prof. Emil Salim menambahkan untuk meningkatkan daya saing Indonesia di antara negara-negara maju dan seiring dengan implementasi SDGs kalangan akademisi di Indonesia memiliki peran edukasi, menciptakan inovasi dan meningkatkan produktivitas. Penyelenggaraan Webinar Internasional ini diharapkan bisa membawa manfaat dalam berbagi pengalaman, ide, dan pengetahuan antar kampus dan institusi lainnya. 

 

(Dekan Fakultas Teknik Universitas Pancasila, Dr. Ir. Budhi Muliawan Suyitno, IPM Live dari Annex)

 

Berikut link youtube untuk kegiatan Webinar Internasional Universitas Pancasila 2021: 

1. International Webinar_Main Room&Room1

2. International Webinar_Room 2

3. International Webinar_Room 3

4. International Webinar_Room 4