>

Belajar Membatik Bersama di Kampung Batik Giriloyo

Kamis (27/7), Fakultas Teknik Universitas Pancasila mengadakan kegiatan studi wisata dengan tema Recharge Fakultas Teknik Universitas Pancasila : Together, Stronger, Successful. Salah satu destinasi wisata yang dituju yaitu Kampung Batik Giriloyo. Batik merupakan hasil karya bangsa Indonesia yang merupakan perpaduan antara seni dan teknologi oleh leluhur bangsa Indonesia. Motif atau corak pada batik berkaitan dengan budaya setempat. Kampung Batik Giriloyo menjadi destinasi wisata unik karena menjadi sentra batik tulis terbaik di Indonesia. Hal ini dikarenakan batik yang dihasilkan memiliki keindahan dan kualitas yang tak tertandingi.

Di Kampung Batik Giriloyo, Fakultas Teknik Universitas Pancasila mengikuti pelatihan membatik. Dalam Latihan ini dipandu secara langsung oleh para pengrajin yang sudah ahli dan berpengalaman. Semua sangat antusias untuk menggambar motif di atas kain menggunakan canting.

Tidak hanya kegiatan pelatihan membatik saja akan tetapi ada galeri batik yang menakjubkan mempamerkan hasil karya para pengrajin. Dalam galeri ini tersedia berbagai macam motif batik dari motif klasik sampai kontemporer untuk berbagai usia ada di sana. Batik yang dipamerkan dapat dibeli dengan harga yang bervariasi tergantung dari motif dan kerumitan dalam proses pengerjaannya.

Kampung Batik Giriloyo merupakan tempat yang indah dan edukatif. Tidak hanya pengenalan tentang batik, pelatihan membuat batik tapi juga suasana dan pemandangannya indah untuk dipandang membuat Kampung Batik Giriloyo menjadi destinasi wisata yang sangat direkomendasikan.

 

Main Menu