>

Innovation Research on Science, Technology and Culture 2019

 

 

Dalam ulang tahun Universitas Pancasila yang ke-53, Fakultas Teknik menyelenggarakan konferensi internasional yang kelima yaitu Innovation Research on Science, Technology and Culture (IRSTC) 2019. Konferensi ini bertemakan “The Innovation Research on Science, Technology and Culture to Support Industrial 4.0 and Sustainable Development Goals”. Kegiatan IRSTC dan ICOSTATEC diselenggarakan  di Gedung Fakultas Teknik Universitas Pancasila pada hari Senin tanggal 11 November 2019.

IRSTC merupakan kegiatan 2 tahunan yang diselenggarakan oleh beberapa instansi (RISTEK DIKTI, MANUSEA, PERSAUDARAAN DOSEN REPUBLIK INDONESIA (PDRI), Yayasan Karya Nusantara Cerdas Kreatif, Universitas Malaysia Pahang (UMP), Beuth University of Applied Sciences, Berlin-German), dan perguruan tinggi (Akademik Teknik dan Keselamatan Penerbangan Medan, Politeknik Aceh, Politeknik Negeri Medan Kreatif, Universiti Teknologi Malaysia (UTM), Port Dickson Politeknik, Politeknik Ongku Umar, Politeknik Kota Kinabalu, Politeknik Sultan Salahuddin Abdul Aziz Shah, Politeknik Melaka, Universitas Medan Area, Universitas Potensi Utama, Universitas Prima Indonesia (UNPRI), Yayasan Muhammad Nasir Amik dan STIKOM Tunas Bangsa, Business Indonesia Murni Sadar Polytechnic, STMIK Kaputama, Institut Teknologi Medan, Politeknik Unggul LP3M Medan. 

IRSTC pertama hingga empat telah sukses dilaksanakan di Medan, Jakarta, dan Malaysia. IRSTC ke lima diselenggarakan oleh FTUP tahun 2019. IRSTC bertujuan sebagai sarana penyedia media yang efektif dalam berbagi informasi tentang penelitian inovatif, menciptakan jaringan antar peneliti dan institusi, menggali informasi, serta kerjasama penelitian dalam bidang sains, teknologi, dan budaya antar negara. Ruang lingkup konferensi mencakup bidang dan fokus dari teknik, manufaktur, pemeliharaan, ekonomi, teknik budaya dan aspek manajemen, dan semua penelitian inovasi untuk sains, teknologi dan budaya yang dikemas ke dalam topik berikut: 

Kelompok Sains (Science):

  1.  Kedokteran Farmasi (Pharmaceutical Medicine)
  2.  Ilmu Bahan (Material Science)
  3.  Ilmu Komputer (Computer Science)
  4.  Fisika (Physics)        

Kelompok Teknologi (Technology):

  1.  Teknik Mesin (Mechanical Engineering)
  2.  Teknik Listrik dan Elektronik (Electrical & Electronic Engineering)
  3.  Teknik Sipil, Lingkungan dan Geoteknik (Civil,Environement and Geotechnical Engineering)
  4.  Tenaga, Energi Baru dan Terbarukan (Power, Renewable Energy)
  5.  Ilmu Nano dan Teknologi Nano (Nano Science and Nano Technology)
  6.  Teknik Industri & Manufaktur (Industrial Engineering & Manufacturing)
  7.  Teknologi Bersih (Clean Technology

Konferensi internasional ini diikuti oleh 28 pemakalah yang berasal dari berbagai institusi di berbagai kota di Indonesia. Konferensi ini diselenggarakan bersama dengan ICOSTATEC, IWH dan SemResTek 2019. Konferensi dibuka dengan laporan singkat kegiatan IRSTC, ICOSTATEC, IWH dan SemResTek 2019, oleh ketua pelaksana umum, Dr. Agri Suwandi, ST., MT. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh Rektor Universitas Pancasila, Prof. Dr. Wahono Sumaryono, Apt. Acara seminar secara resmi dibuka oleh Ketua Pengurus YPPUP, Prof. Dr. Edie Toet Hendratno, SH., M.Sii.

Setelah itu, berlanjut ke sesi panel. Dalam sesi panel, ada pembicara kehormatan (Honorary Speaker) oleh Menteri dari Kementerian Perindustrian RI, yaitu Bapak Dr. Agus Gumiwang Kartasasmita, M.Si yang dalam hal ini diwakili oleh bapak Bambang Riznanto ST., MT (Kepala Bidang Industri Kimia dan Farmasi Pusat Penelitian dan Pengembangan Industri Kimia, Farmasi Tekstil, Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika - Kementrian Perindustrian Republik Indonesia) dengan moderator Dr. Dede Lia Zariatin, ST., MT. Setelah itu, keynote memberikan pemaparannya dengan masing-masing topik. Adapun topik dan pembicaraan antara lain: 

  1. Teknologi, Prof. Dr.-Ing. Ralf Förster - Beuth University of Applied Sciences, Berlin,
  2. Budaya, Prof. Dr. Raja Nafida Raja Shahminan - University Teknologi Malaysia,
  3. Energi, Dr. Ir. Budhi M. Suyitno – Universitas Pancasila, Indonesia 

Selain IRSTC, diselenggarakan pula International Competition Student's Creativity on Technology and Culture (ICOSTATEC) 2019 yang merupakan program kompetisi teknologi dan budaya berupa rancangan atau produk- produk tepat guna yang dipamerkan oleh para mahasiswa Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengembangkan inovasi dari setiap mahasiswa untuk berperan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui rancangan atau produk-produk inovasi tepat guna. Dalam kegiatan ini terdapat 60 peserta (11 tim) yang berpartisipasi.  

Selain pameran, kegiatan ini juga memberikan kesempatan kepada para peserta untuk memamparkan secara detail teknologi yang ditampilkan. Paparan yang disampaikan oleh para peserta dinilai oleh tim juri yang terdiri dari para pembicara kunci (keynote speakers), yaitu: Prof. Dr.-Ing. Ralf Förster (Beuth University of Applied Sciences – Berlin), Prof. Dr. Raja Nafida Raja Shahminan (University Teknologi Malaysia) serta Dr. Ir. Budhi M. Suyitno (Universitas Pancasila, Indonesia). Adapun bidang ilmu dari kompetisi ini, meliputi: Teknik Mesin, Teknik Listrik & Elektronik, Teknik Industri, Teknik Informatika & Komputer, Teknik Sipil dan Teknik Arsitektur.