>

Peta Wisata Kec. Kayangan Lombok Utara

     Indonesia memiliki keberagaman pariwisata di berbagai daerahnya. Setiap pariwisata memiliki ciri khasnya masing-masing. Salah satu pariwisata yang ada di Indonesia berada di Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. Taman Nasional Gunung Rinjani, Pulau Gili Trawangan, Meno dan Air merupakan andalan destinasi pariwisata di Kecamatan Pemenang, Lombok Utara. Di Kabupaten Lombok Utara sendiri memiliki lima kecamatan yaitu Pemenang, Tanjung, Gangga, Kayangan, dan Bayan. Destinasi wisata yang ada di Kabupaten Lombok Utara mengundang para wisatawan dalam maupun luar negeri untuk berkunjung. Namun, infrormasi keindahan dan keunikan tujuan wisata belum banyak diketahui oleh wisatawan dan ditambah dengan gempa yang menimpa Lombok Utara tahun 2018 beberapa tujuan wisata di Gili dan resort di pinggir pantai sepi wisatawan karena fasilitas pendukung rusak. Maka dari itu, Program Studi Arsitektur bersama dengan Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Pancasila melakukan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yaitu Pembuatan Peta Wisata Kecamatan Kayangan Lombok Utara. Kegiatan PkM ini diketuai oleh Harry Mufrizon, ST., MT., MSE., MT (Dosen Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Pancasila), dengan anggota Dr. Ir. Setia Damayanti, MT (Dosen Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Pancasila); Dr. Prima Jiwa Osly, ST., M.Si (Dosen Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Pancasila); Nia Rachmawati, ST., MT (Dosen Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Pancasila). 

     Kegiatan PkM dengan pembuatan peta ini bertujuan sebagai panduan dan memberikan informasi maupun pengetahuan kepada wisatawan terkait lokasi dan kegiatan wisata. Dalam pembuatan peta wisata, Kecamatan Kayangan dipilih karena untuk menggali dan mengenali potensi kecamatan Kayangan sehingga dapat mengarahkan informasi dan detail yang akan ditampilkan di dalam peta. Kegiatan diawali dengan survey lapangan dengan mengunjungi wisata di Kecamatan Kayangan. Beberapa lokasi wisata yang terkenal di Kecamatan Kayangan Lombok Utara adalah Desa Gumantar yang terpusat di Dusun Adat Beleq. Desa Gumantar merupakan desa adat suku Sasak Lombok Timur. Tidak hanya itu, adapun juga Air Terjun Tiu Sekeper dan Tiu Teja dan Pantai Ketapang Tampes yang berada di Lombok Utara. Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan melakukan digitalisasi koordinat lokasi wisata, dan juga melakukan pengambilan gambar/foto di lokasi wisata. Selanjutnya, menginput titik koordinar ke software Google Earth Pro, dan melakukan tata letak (lay out) peta wisata dengan menggunakan software Corel Draw dan Adobe Photoshop. Berikut ini hasil dari analisa interpretasi pembuatan peta di Google Earth

Intrepretasi peta Desa Gumantar melaui Google Earth 

Intrepretasi peta Desa Gumantar melaui Google Earth 

Intepretasi peta Air Terjun Tiu Teja

Intepretasi peta Pantai Ketapang Tampes 

Intepretasi peta gabungan dari beberapa wisata di Lombok Utara

     Peta Wisata Kecamatan Kayangan ini diharapakan membantu para wisatawan dalam maupun luar negeri untuk mendapatkan informasi lokasi dan kegiatan wisata yang ada di Kecamatan Kayangan sehingga para wisatawan tidak perlu lagi bingung untuk menentukan lokasi dan kegiatan wisata.