>

Pengelolaan Sampah Pasar Lenteng Agung Bersama Universitas Pancasila

 

          Selasa (08/06/2021),Dalam mengatasi permasalahan sampah lingkungan pasar terutama di Pasar Tradisional Lenteng Agung Jakarta Selatan, Tim Pengabdi Fakultas Teknik Universitas Pancasila memberikan pelatihan pengelolaan sampah sebagai upaya pengendalian masalah lingkungan dengan menggunakan teknologi yang telah dikembangkan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diketuai oleh Dosen Magister Teknik Mesin FTUP yaitu Dr. Ir. Dwi Rahmalina, MT.

"Walaupun masa pandemi COVID-19, kami tetap aktif membantu masyarakat dengan peralatan yang kami ciptakan mampu mengolah sampah menjadi pupuk" kata Ketua Tim Pengabdi Dr. Ir. Dwi Rahmalina, MT

        Teknologi yang dibuat oleh Tim Pengabdi FTUP yaitu Alat pencacah sampah yang menerapkan teknologi pencacah sampah organik untuk proses pengolahan sampah dengan menghasilkan ukuran yang dibutuhkan untuk komposter yang selanjutnya dapat menghasilkan biogas. Ada dua tahap dalam pelatihan ini, pada tahap awal dilakukan persiapan peralatan pencacah yang akan di terapkan di lokasi Pasar Lenteng Agung. Lalu tahap berikutnya dilakukan dengan memberikan pelatihan bagi tenaga pengelola sampah di lokasi tersebut.

        Pelatihan dihadiri oleh 10 peserta karyawan Pasar Lenteng Agung. Kegiatan pelatihan ini dibuka oleh Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Pancasila, Dra. Hj. Dewi Tri Rahayu, MM. Narasumber pada pelatihan ini yaitu Ir. Bambang Sulaksono, MT. 

Ir. Bambang Sulaksono, MT mengatakan "Tujuan pelatihan ini adalah agar pihak pengelola Pasar Lenteng Agung dapat melakukan pengelolaan sampah organik mencakup pencacahan sesuai standar (SOP), membersikan hasil pencacahan sesuai SOP serta memahami pembuatan kompos dari hasil pencacahan."

         Alat pencacah sampah dihibahkan oleh Tim pengabdi FTUP kepada pihak Pengelola Pasar Lenteng Agung untuk bisa dimanfaatkan sebagai upaya FTUP berperan aktif dalam pengendalian pencemaran lingkungan.