>

Pelatihan Kewirausahaan dan Ekonomi Digital Untuk UMKM

 

Minggu (16/10) - Tim pengabdian kepada masyarakat Universitas Pancasila  menggelar kegiatan di daerah Cileungsi, Bogor, Jawa Barat yang merupakan bagian dari hibah pengabdian kepada masyarakat kompetitif nasional dari Kemendikbudristek Tahun Anggaran 2022. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bekerja sama dengan mitra UMKM binaan Indonesia Small Medium Enterprises Association (ISMEA) yang diketuai oleh Dr. Endang Rudiatin, M.Si dengan judul "Pelatihan Kewirausahaan dan Penerapan Aplikasi Pemasaran Digital".

Dalam kegiatan ini, dosen yang terlibat dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat terdiri dari dosen Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Pancasila dan dosen Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasila yang diantaranya Dr. Agri Suwandi, ST., MT (dosen Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Pancasila) sebagai ketua tim pengabdian kepada masyarakat UP kegiatan ini, Prof. Dr. Ir. Dwi Rahmalina, MT (Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Pancasila), dan Susilawati, SE., MAK (rogram Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasila). 

Kegiatan ini mendukung SDGs Chapter #12 dengan program pelatihan dasar untuk meningkatkan pengetahuan kewirausahaan dan digital ekonomi untuk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dan menghasilkan produk makanan ringan atau camilan rumah (snack) yang memiliki daya saing.

"Adanya pandemi COVID-19 dan teknologi, pengetahuan, dan budaya baru menjadi penyebab terpuruknya UMKM apalagi yang sedang berkembang harus dimulai dari nol kembali" kata Dr. Endang Rudiatin, M.Si

Rangkaian kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini terdiri dari pelatihan pengembangan dasar-dasar manajemen dan kewirausahaan serta pelatihan pemasaran produk secara digital. Tidak hanya diberikan pelatihan tentang kewirausahaan saja, tetapi para peserta juga diberikan pelatihan menggunakan mesin-mesin tepat guna untuk meningkatkan daya saing UMKM.

 

 Sumber :

https://mediaindonesia.com/nusantara/530169/up-gelar-pelatihan-kewirausahaan-dan-ekonomi-digital-untukumkm

https://megapolitan.antaranews.com/berita/216673/universitas-pancasila-menjadi-pembangkit-daya-saing-umkm-produk-makanan-ringan