>

Pelatihan Pembuatan Eco Enzym Dari Sampah Organik Bersama Fakultas Teknik Universitas Pancasila

 

        Selasa (28/12/21), Fakultas Teknik Universitas Pancasila mengadakan pembuatan eco enzym dari sampah organik untuk para karyawan Pasar Tradisional Lenteng Agung Jakarta Selatan yang merupakan lanjutan dari pelatihan sebelumnya yaitu pengelolaan sampah sesuai standar (SOP) dan pembuatan kompos.

"Pelatihan ini merupakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) sebagai upaya dalam mengelola sampah yang ada di lingkungan Pasar Tradisional Lenteng Agung untuk pengendalian pencemaran lingkungan" kata Ketua Tim Pengabdi, Dr. Ir. Dwi Rahmalina, MT.

        Pelatihan pembuatan eco enzym dari sampah organik dihadiri oleh 14 orang karyawan dari Pasar Lenteng Agung. Pada pelatihan ini bertujuan untuk membantu para karyawan Pasar Lenteng Agung dalam mengatasi permasalahan sampah menggunakan teknologi yang telah dikembangkan.
   

Ibu Ir. Kiki K. Lestari, MT sedang mempresentasikan pembuatan eco enzym

         Dalam pelatihan pembuatan eco enzym dari sampah organik ini mengundang narasumber Dosen FTUP yaitu Ir. Kiki K. Lestari, MT. Beliau memaparkan bagaimana cara pembuatan eco enzym serta pemanfaatannya dalam kebutuhan sehari-hari yang antara lain sebagai cairan pembersih lantai, jendela dan juga untuk disinfektan.

Ir. Kiki K. Lestari, MT mengatakan "Pelatihan pembuatan eco enzym dari sampah organik ini diharapkan bisa memberikan pemahaman dalam penanganan sampah organik serta pemanfaatan sebagai upaya untuk pengendalian dari pencemaran lingkungan yang khususnya di lingkungan Pasar Lenteng Agung".