>

YOSAM-FTUP 2023

Fakultas Teknik Universitas Pancasila berkontribusi dalam Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan 2030 dengan mengembangkan 6 (enam) dari 17 (tujuh belas) chapter SDGs Ayaitu #4: Pendidikan Berkualitas; #6: Akses Air Bersih dan Sanitasi; #7: Energi Bersih dan Terjangkau; #9: Infrastruktur, Industri, dan Inovasi; #11: Kota dan Komunitas yang Berkelanjutan; #12: Produk Bersih. Namun berdasarkan hasil kajian data yang dilakukan oleh Unit Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (UP2M) dan Unit SDGs Centre FTUP serta Unit Kemahasiswaan bahwa pemahaman dan kesadaran serta kepedulian mahasiswa di FTUP terhadap SDGs masih perlu ditingkatkan. Ide kreatif dan inovatif yang dimiliki belum sepenuhnya di sampaikan dan direalisasikan melalui karya-karya inovasi mahasiswa.

Dalam upaya meningkatkan hasil karya mahasiswa dari berbagai aspek dengan melalui kegiatan penelitian dan pengabdian dalam mensukseskan program Green Campus FTUP dan SDGs tahun 2030. Fakultas Teknik Universitas Pancasila membuat program khusus bagi mahasiswa agar dapat menyalurkan ide kreatif dan inovatif sehingga Program Green Campus FTUP dan SDGs 2030 dapat terwujud dengan baik. Program khusus bagi mahasiswa ini dibentuk oleh SDGs Centre FTUP merupakan bentuk dukungan pendanaan kegiatan penelitian awal dengan metode, kompetisi yang menghasilkan luaran berupa prototipe ide kreatif dan inovatif melalui Youth SDGs Creativity Program atau yang disingkat menjadi YOSAM.

Fakultas Teknik Universitas Pancasila menyelenggarakan kegiatan Coaching Clinic pengusulan proposal YOSAM-FTUP pada tanggal Senin, 10 April 2023 yang dilaksanakan secara online melalui zoom meeting. Kegiatan Coaching Clinic ini merupakan rangkaian kegiatan dari Webinar SDGs dan Launching YOSAM-FTUP 2023 dengan tema "Creativity and Innovation to Sustainable Development Goals (SDGs)" pada tanggal Kamis, 6 April 2023 yang lalu. Kegiatan Coaching Clinic ini diselenggarakan agar Program YOSAM-FTUP dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh mahasiswa dengan harapan seluruh proposal yang dikirimkan dapat sesuai dengan persyaratan yang telah ditetapkan dalam panduan untuk menghasilkan karya yang optimal.

Coaching Clinic YOSAM-FTUP dibuka oleh Wakil Dekan III Fakultas Teknik Universitas Pancasila, Bapak Swambodo Adi, ST., M.Ars. Narasumber dalam kegiatan ini yaitu Kepala Unit SDGs Centre Fakultas Teknik Universitas Pancasila, Bapak Dr. Agri Suwandi, ST., MT., CIAR., INV dengan topik Panduan Youth SDGs Creativity Program (YOSAM) dan dilanjutkan dengan Kepala Pulahta Fakultas Teknik Universitas Pancasila, Bapak Ari Wibowo, S.Kom dengan topik Teknis Pengusulan Proposal melalui Sistem Informasi Manajemen YOSAM dengan dipandu oleh moderator, Ibu Noor Suryaningsih, ST., MT. - Kepala Bagian Kemahasiswaan. Kegiatan Coaching Clinic ini dihadiri oleh mahasiswa dan dosen dari berbagai program studi di Fakultas Teknik Universitas Pancasila.

Main Menu