>

Pemanfaatan Aplikasi Qasir untuk Industri Kecil Menengah

 

 

Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Pancasila (IT FTUP) mengadakan kegitan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dalam bidang Teknologi Informasi untuk bisnis. PkM diselenggarakan pada hari Kamis, 16 Januari 2020 di Kantor Kelurahan Pondok Petir Depok. PkM IT FTUP bertemakan “Pemanfaatan Aplikasi Qasir untuk Industri Kecil Menengah”.  Aplikasi Qasir adalah aplikasi kasir yang bisa membantu pedagang mencatat penjualan, mengelola produk, mengawasi stok, dan memantau laporan transaksi.Pemanfaatan Aplikasi Qasir sebagai salah satu kegiatan untuk pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) chapter #8 (Decent Work and Economic Growth), #9 (Industry, Innovation and infrastructure), dan #17 (Partnerships For The Goals).  

 

 

Dalam kegiatan ini, IT FTUP bekerjasama dengan Dinas Perindustrian Kota Depok dan juga Industri Kecil Menengah (IKM) terutama dalam bidang kuliner. Kegiatan PkM ini bertujuan memberikan pelatihan dan sosialisasi kepada pihak IKM untuk dapat aktif menggunakan digital marketing sebagai media untuk memperluas pemasaran dan relasi bisnis di kota Depok serta meningkatkan keuntungan usaha/bisnis pihak tertentu. PkM IT FTUP diikuti oleh 40 pesertas IKM. PKM IT FTUP dibuka dengan sambutan dari Ketua Prodi Teknik Informatika FTUP oleh Dr. Ionia Veritawati, S.Si., MT. Selanjutnya sambutan dari Kasi Ekonomi dan Pembangunan Kelurahan Pondok Petir oleh Yuyun Purwana, S.KMn dan juga sambutan dari Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian oleh Ir. Kania Parwanti yang diwakili oleh  Anim Mulyana. 

 

 

Kegiatan dilanjutkan dengan pengenalan dan pelatihan Aplikasi Qasir oleh mahasiswa. Setelah pengenalan dan pelatihan penggunaan aplikasi Qasir, dilanjutkan dengan pembentukan Focus Group Disscusion (FGD) oleh mahasiswa. FGD ini tentang pendalaman kebutuhan dan penggalian masalah dari para IKM. Setelah kegiatan FGD, semua peserta mengisi angket yang telah diberikan. Kegiatan ditutup dengan kesimpulan dari kegiatan PkM IT FTUP dan berfoto bersama.