>

Teknik Pancasila Bangun Desa Jilid III

 

  

 

     Dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, SEMA FT-KMUP mengadakan Teknik Pancasila Bangun Desa Jilid III (TPBD Jilid III). TPBD Jilid III merupakan salah program kerja SEMA FT-KMUP untuk pengabdian masyarakat dalam kegiatan sosial yang membangun dan memberdayakan sebuah desa. Yang menjadi desa binaan adalah Kampung Legok Muncang. Di Kampung Legok Muncang , ada lebih dari 150 orang dan sebagian besar pekerjaan penduduk adalah bertani, berkebun, dan serabutan. TPBD Jilid III adalah salah satu acara terbesar di SEMA FT-KMUP dan sudah dilaksanakan ketiga kalinya. 

       Kegiatan TPBD Jilid III dimulai dengan pembukaan yang dilaksanakan hari Senin, 15 Juli 2019 di lokasi pembuatan gapura yang akan dibangun. Dalam pembukaan ini, hadiri oleh Dekan Fakultas Teknik Universitas Pancasila, Bapak Dr. Ir. Budhi Muliawan Suyitno, IPM beserta Wakil Dekan III, Bapak Swambodo Murdariatmo Adi, ST., M.Ars; Camat Leuwisadeng, Bapak Pepep Hamdi, S.pd., M.Si berserta dengan para jajarannya Ketua RT, RW, Kepala Desa, dan juga salah satu Koord. Kemahasiswaan dan Jajaran SEMA FT-KMUP. Dalam kegiatan TPBD ini dibagi menjadi dua tim yaitu Tim Teknik Pancasila Mengajar dan Tim Infrastruktur. 

 

       Teknik Pancasila Mengajar (TPM) yang diadakan di SDN Sindangwangi. Para siswa diperkenalkan kepada mahasiswa yang akan mengajar mereka selama 2 minggu dan diselingi dengan fun learning seperti menggambar dan mewarnai. Tidak hanya itu, para siswa juga diajarkan mengaji dan pendidikan karakter bersama dengan Rohis FT-KMUP dan volunteer dari seluruh Himpunan/Ikatan FT-KMUP. SEMA FT-KMUP bersama dengan Fraksi FF-KMUP bersama mengadakan Penyuluhan sikat gigi yang baik dan benar serta diselingi dengan fun games. Selain para siswa SDN Sindangwangi yang mendapatkan penyuluhan, para warga di Kampung Legok Muncang mengikuti Sosialisasi Penyakit dan Pencegahannya serta adanya cek kesehatan para warga. Para warga di Kampung Legok Muncang tidak hanya mendapatkan sosialisasi tentang penyakit dan kesehatan saja tetapi juga Sosialisasi Rumah Sehat yang diadakan oleh Dosen Teknik Sipil Universitas Pancasila dan juga Sosialisasi Tumbuhan oleh IMTI FT-KMUP. Pada hari Sabtu, 27 Juli 2019 dilaksanakannya penutupan Teknik Pancasila Mengajar. Dalam penutupannya menampilkan tarian tradisional Manuk Dadali, dan paduan suara yang menyanyikan lagu wajib Ibu Kita Kartini dan Dari Sabang Sampai Merauke oleh Murid SD kelas 4,5, dan 6. Kegiatan ditutup dengan bermain dan bersenang-senang dengan para murid SD. Tim Infrastruktur melakukan pengerjaan infrastruktur jalan lingkungan. Infrastruktur yang dibangun seperti pembangunan jembatan, pengerjaan jalan, pembangunan gapura, pembuatan bak air, dan pembangunan penerangan jalan dengan panel surya. Dalam tim infrastruktur waktu pengerjaan dilakukan pada pagi hari sampai sore hari, akan tetapi pada hari terakhir pengerjaan dilakukan sampai malam hari.  

 

  

       Selain kegiatan Teknik Pancasila Mengajar dan pengerjaan infrastuktur, ada Pesta Rakyat yang berisi lomba anak-anak dan ibu-ibu di Kampung Legok Muncang. Lomba yang diadakan diantaranya yaitu lomba memindahkan bendera, makan kerupuk, balap karung, memindahkan kelereng, joget jeruk, dan rebutan kursi. Pesta Rakyat diadakan di depan Gapura Kampung Legok Muncang. Para warga ikut berpartisipasi dalam Pesta Rakyat dari orang dewasa sampai anak-anak. Sebelum penutupan TPBD Jilid III yang dilaksanakan esok hari, para mahasiswa bersama dengan warga Kampung Legok Muncang melakukan kerja bakti untuk membersihkan kampung dan lokasi pembangunan infrastuktur. Pada Malam harinya, dilakukan syukuran karena telah selesainya Teknik Pancasila Bangun Desa Jilid III dengan lancar. Dalam syukuran ini dihadiri oleh Dekan FTUP, Bapak Dr. Ir. Budhi Muliawan Suyitno, IPM beserta Wakil Dekan III, Bapak Swambodo Murdariatmo Adi, ST., M.Ars; Ketua RT, RW, salah satu Koord. Kemahasiswaan dan Jajaran SEMA FT-KMUP dan masyarakat Kampung Legok Muncang, Kampung Baru, dan Kampung Sindangwangi. 

 


 


        Keesokan harinya, diadakannya closing ceremony yang bekerja sama dengan MNC Peduli. Acara ini dimulai dengan konvoi jalan bersama dari pembangunan infrastruktur jembatan kemudian di sambut oleh tarian tradisional dan juga paduan suara dari SD. Acara dimulai dengan sambutan oleh Ketua pelaksanaan yaitu Muhammad Yusuf dilanjutkan dengan sambutan Dekan FTUP yakni Bapak Dr. Ir. Budhi Muliawan Suyitno, IPM, Rektor Universitas Pancasila yakni Bapak Prof. Dr. Wahono Sumaryono, Apt, dan Ketua III MNC Peduli yaitu Ibu Jessica Tanoesoedibjo. Setelah sambutan, adanya penyerahan simbolis pemberian plakat dari pihak kampus yang diberikan oleh Rektor. Acara dilanjutkan dengan penanaman pohon cengkeh di area SD bersama dengan Dekan FTUP, Rektor UP dan juga Ketua III MNC Peduli. Kegiatan ditutup dengan pemasangan lampu panel surya oleh Mahasiswa yang sekaligus diliput oleh reporter dari MNC Peduli.