>

Mewujudkan Green Pesantren Bersama Teknik Industri dan Teknik Elektro FTUP

Fakultas Teknik Universitas Pancasila Program studi Teknik Industri bersama dengan Teknik Elektro melaksanakan kegiatan Penelitian dengan topik ‘Perancangan Model Berbasis Bank Sampah Untuk Mewujudkan Green Pesantren’ di Pondok Pesantren Al-Quran Al-Hikmah Kp. Kramat RT.01/04 Desa Pabuaran, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Kegiatan ini dalam rangka pelaksanaan kegiatan Program Penelitian Kemendikbudristek dan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) tahun 2021 dengan pendanaan Riset Dasar Keilmuan yang diselenggarakan Kemendikbudristek dan Lembaga LPDP Kemenkeu  tahun pelaksanaan 2022.

Kegiatan ini dilakukan oleh tim dosen dan mahasiswa yang terdiri dari Nur Yulianti Hidayah, Agung Saputra, dan melibarkan lima orang mahasiswa program studi Teknik Industri yaitu Ananda Nurul Rizkiya, Pipit Fitriyani, Defi Milenia, Ghina Nazhifah dan Averina Chandra.Keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan penelitian ini juga merupakan implementasi kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang saat ini sedang dilaksanakan oleh Universitas Pancasila.

Salah satu kegiatan yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu memberikan pelatihan bagaimana mengelola sampah dengan konsep bank sampah dan memberikan pelatihan mengolah limbah sisa makanan untuk budi daya maggot black soldier fly (BSF). Kegiatan pelatihan pengelolaan bank sampah dilaksanakan pada 3 Maret 2022 di Kampung Kramat RT.01/04 Desa Pabuaran Kecamatan Kemang Kabupaten Bogor yang difasilitasi oleh Pondok Pesantren Al-Hikmah Kabupaten Bogor.Pemateri dalam kegiatan ini yaitu  Dr. Dino Rimantho yang juga sebagai salah satu dosen di Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Pancasila.Dalam pelaksanaan kegiatan penelitian bank sampah, maka langkah awal adalah memberikan pelatihan bagaimana memilah sampah berdasarkan karakteristik sampah yang nantinya akan disetor ke pengelola Bank Sampah di Pondok Pesantren.Konsep Bank Sampah yang diterapkan di Pondok Pesantren ini mengadopsi dari pelaksanaan Bank Sampah secara umum. 

Dalam keterangannya, pihak pesantren menyampaikan bahwa masalah pengelolaan sampah di Pondok Pesantren Al-Quran Al-Hikmah memang belum optimal. Mereka menyampaikan harapannya melalui kegiatan penelitian yang dilakukan oleh Tim Fakultas Teknik Universitas Pancasila dapat memperbaiki dan meningkatkan pengelolaan sampah di pondok pesantren.  

“Pengelolaan sampah melalui bank sampah merupakan salah satu metode yang dapat diaplikasikan oleh seluruh elemen masyarakat dalam rangka mengurangi volume timbulan limbah yang dikirim ke tempat pembuangan akhir (TPA). Selain itu, melalui bank sampah, pihak pondok pesantren juga dapat memperoleh transfer ilmu pengetahuan untuk mengolah sampah menjadi produk yang memiliki nilai ekonomi lebih baik, misalnya dengan menerapkan budi daya Maggot BSF untuk mengolah limbah sisa makanan yang hasilnya dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak “ kata Dr. Dino Rimantho, ST., MT., IPM.

 Video kegiatan bisa dilihat disini https://youtu.be/rC2SsNxP0nI