>

ICT Application in Building and Renovation

 

Selasa (3/11/2020), Fakultas Teknik Universitas Pancasila (FTUP) mengadakan Webinar Internasional. Webinar Internasional ini mengusung tema hijau yang sekarang ini sedang gencar disuarakan.  Judul Webinar Internasional FTUP yaitu "ICT Application in Building and Renovation". Manfaat dari webinar ini yaitu untuk meningkatkan wawasan ilmu teknik dalam mengembangkan inovasi dengan pendekatan green innovation. Dalam webinar internasional ini diikuti oleh berbagai kalangan dari dosen, praktisi, pemerintahan, maupun mahasiswa. 

Webinar Internasional kali ini dibuka oleh Dr. Ir. Budi Muliawan Suyitno, IPM (Dekan Fakultas Teknik Universitas Pancasila), dan Prof. Dr. Wahono Sumaryono, Apt (Rektor Universitas Pancasila). Pembicara utama dalam webinar yaitu Dr. Stefan Fenz (Associate Professor Vienna University Of Technology, Austria) yang dimoderatori oleh Iman Paryudi (Dosen Teknik Informasi Fakultas Teknik Universitas Pancasila). Webinar di selenggarakan melalui Zoom Meeting, dari pukul 15.10 - 16.25 WIB. 

Dalam webinar internasional kali ini Dr. Stefan Fenz selaku pembicara utama memberikan materi tentang BIMERR: RenoDSS.  European Green Deal merupakan menjadikan Eropa sebagai benua dengan iklim netral pertama tanpa emisi bersih gas rumah kaca pada tahun 2050 dengan meningkatkan tingkat renovasi bangunan adalah inisiatif utama untuk mendorong efisiensi energi di sektor ini dan berkontribusi pada tujuan Europan Green Deal.  RenoDSS singkatan dari Renovation Decision Support System yang terintegrasi dengan Building Information Modelling (BIM). RenoDSS dapat membuat desain renovasi otomatis dengan menyediakan KPI keuangan, teknis dan keberlanjutan untuk setiap desain renovasi. Tidak hanya itu, dengan RenoDSS memungkinkan pengguna untuk mengidentifikasi desain renovasi yang memenuhi semua atau sebagian besar target KPI. Tujuan utama dari RenoDSS adalah untuk mengedepankan antarmuka yang intuitif, berbasis BIM, dan mudah digunakan yang mengilustrasikan opsi renovasi bangunan, mengevaluasi dampaknya terhadap kinerja bangunan dan memandu pengguna melalui berbagai alternatif.  

Seiring berjalannya waktu, tanpa dipungkiri pengembangan dan penyebaran teknologi dan proses digital semakin maju. RenoDSS merupakan salah satu teknologi digitalisasi industri bangunan atau konstruksi. Teknologi digital memungkinkan untuk meningkatkan produktivitas, mengelola proyek maupun biaya dan juga keselamatan dan kualitas.