FTUP MELAKSANAKAN KEGIATAN PKM DI DESA SUKAGALIH

Program Studi Teknik Sipil dan Teknik Elektronika Fakultas Teknik Universitas Pancasila (FTUP) melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat di Desa Sukagalih, Kecamatan Jonggol, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Kegiatan PKM yang bertema “Effisiensi dan Perawatan penggunaan listrik untuk rumah ibadah dan jalan” ini melibatkan Civitas Akademik yang menyertakan atas Dosen Teknik Sipil dan Teknik Elektronika, serta 10 peserta dari Teknik Sipil dan 5 peserta dari Teknik Elektronika.

Ketua Tim PKM FTUP Ir. Akhmad Dofir, MT. menjelaskan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini merupakan salah satu dari pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Didalam kegiatan PKM diawali dari proses survei kondisi eksisting kemudian dilanjutkan dengan merencanakan dan melaksanakan pemasangan lampu penerangan jalan umum (PJU) sebagai sarana penerangan jalan menuju rumah ibadah (Masjid Al-Hikmah).

Pemasangan lampu penerangan jalan sebanyak 7 titik yang lebih diperuntukan untuk jalan yang menuju ke Masjid Al-Hikmah. Material tiang lampu yang digunakan untuk lampu penerangan jalan berbahan adalah dari baja ringan (zincalum) yang diberi lampu jenis LED dengan penutup/kap sebagai pelindung terhadap hujan, dan untuk kabel yang digunakan adalah sesuai standar PLN (SNI).

Selain itu, FTUP juga memberikan penyuluhan dan pelatihan kepada masyarakat dalam penggunaan peralatan listrik secara efisien serta teknis dalam pemeliharaan serta perawatannya.

Pelaksanaan PKM tersebut telah dilakukan peresmian dilanjutkan dengan penyerahan hasil kegiatan PKM, dimana peresmian tersebut dilakukan oleh Camat dari Kecamatan Jonggol dan dihadiri oleh FTUP diwakili Wakil Dekan I, Wakil Dekan III dan Kepala Program Studi Teknik Sipil dan diakhiri dengan penutupan kegiatan PKM oleh Wakil Dekan I FTUP DR. Herawati Zetha R, ST., MT. Evaluasi hasil pemanfaatan PKM tersebut pada 4 Januari 2023.