PENGABDIAN TEKNIK INDUSTRI

Acara Pengabdian Masyarakat 2022 adalah salah satu program kerja yang diadakan oleh Bidang III IMTI FT-KMUP yang bertujuan untuk kemandirian masyarakat yang kuat dan sejahtera serta penuh kreativitas dengan mengoptimalisasi potensi dan sumber daya yang ada. Pada acara Pengabdian Masyarakat 2022 ini, Mahasiswa Teknik Industri Universitas Pancasila diharapkan dapat mengimplementasikan keahlian dalam bidang keilmuan yang sudah didapatkan serta menumbuhkan rasa kepedulian sosial kepada masyarakat. Adapun acara ini mengangkat tema “Green always bring happiness, Our lives our future”.

Acara Pengabdian Masyarakat 2022 dilaksanakan selama 4 (empat) hari pada tanggal 23, 24, 30 dan 31 Juli 2022 di Kampung Gedong, Pasar Rebo, Jakarta Timur. Pada acara ini diikutsertakan oleh anak-anak dengan jumlah 40 orang. Adapun rangkaian acara dari Pengabdian Masyarakat 2022 meliputi pengajaran dan pengembangan kreativitas serta bimbingan oleh pengajar kepada anak-anak di kampung tersebut.

Hari pertama dimulai dengan pembukaan acara dan pemberian sambutan oleh Varian Dwi Putra selaku Ketua Pelaksana Pengabdian Masyarakat 2022, sambutan kedua oleh Muhammad Rachman Saputra selaku Wakil Ketua Himpunan IMTI FT-KMUP. Kemudian sambutan terakhir ditutup oleh Pak Ustad selaku perwakilan dari warga Kampung Gedong. Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi mengenai Sosialisasi Sampah oleh Tenaga Pengajar. Kemudian kegiatan selanjutnya yaitu melakukan Kreativitas Daur Ulang Sampah dan hasilnya dipresentasikan oleh anak-anak di Kampung Gedong.

Kreativitas Daur Ulang Sampah

Pada hari kedua dimulai dengan pembuatan kreasi tie dye baju yang dilakukan oleh anak-anak di Kampung Gedong dan kegiatan sosialisasi pemilahan sampah kepada anak-anak di Kampung Gedong.

Kreasi Tie Dye Baju

Hari ketiga Pengabdian Masyarakat 2022 dimulai dengan melakukan Kreasi Menggambar yang dilakukan oleh anak-anak Kampung Gedong. Kreasi gambar tersebut menggunakan kertas gambar dan diwarnai menggunakan pensil warna. Kemudian hasil dari gambar-gambar tersebut dipresentasikan, dan nantinya gambar tersebut akan dipilih oleh tenaga pengajar berdasarkan gambar terbaik. Acara terakhir yaitu ditutup dengan kegiatan pengumuman hasil mewarnai terbaik dan hadiah kepada peserta yang terpilih hasil mewarnai gambar terbaik.

Kreasi Menggambar

Pada hari keempat dimulai penanaman bibit tanaman cabai, kangkung, bayam dan pakcoy serta dilanjutkan dengan melakukan bersih-bersih lingkungan sekitar.  Lalu acara ditutup dengan beberapa kegiatan yaitu nyanyian, pembacaraan puisi oleh anak-anak dan pemberian kesan dan pesan oleh Ketua RT Kampung Gedong yaitu Bapak Wijanarko dan Ketua Pelaksana yaitu Varian Dwi Putra.

Pembersihan Lingkungan

Penutupan Acara Pengabdian Masyarakat 2022

Tonton juga After Movie Pengabdian Teknik Industri di Channel Youtube IMTI FT-KMUP!! Jangan lupa like, comment, subscribe dan juga share ke teman-teman kalian ya!

Bidang III Sosial dan Kerohanian

IMTI FT-KMUP

“Berdampak Nyata”