WORKSHOP PENYUSUNAN RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)

Loading Events

Pada tahun 2021, Fakultas Teknik Universitas Pancasila telah melakukan pengembangan kurikulum. Pengembangan kurikulum ini dilakukan dengan tujuan untuk menyesuaikan sistem pendidikan di  Universitas Pancasila sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan masyarakat serta menyelaraskan sistem pendidikan dengan kemajuan IPTEK dan kebijakan-kebijakan terbaru, misalnya Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Islam tentang SKL dan CPL pada jenjang S1 serta diterbitkannya  Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi di era revolusi industri 4.0 dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 2018 dan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

 

Dalam mendesain pembelajaran, para dosen  wajib mengikuti kurikulum yang telah ditetapkan. Perencanaan pembelajaran yang matang dan telah sesuai dengan kurikulum diharapkan dapat mempercepat terwujudnya visi misi sekaligus meningkatkan kualitas lulusan FTUP.

Hal ini dimaksudkan agar lulusan  FTUP mempunyai kemampuan yang seimbang antara sikap, pengetahuan dan keterampilan, sehingga lulusan Universitas Pancasila tidak hanya profesional, kritis, kreatif serta inovatif tetapi juga berkarakter.

Sejalan dengan hal tersebut, Universitas telah menerbitkan Buku Panduan RPS (Rencana Pembelajaran Semester) Tahun 2021. Sehubungan dengan hal tersebut, perlu diselenggarakan workshop penyusunan RPS untuk memberikan pemahaman lebih dalam bagi dosen dalam mendesain kegiatan pembelajaran sesuai mata kuliah yang diampu.

EnglishBahasa Indonesia