FTUP dalam Pameran Teknologi pada Peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas)

Peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-28 ditandai dengan kegiatan pameran Teknologi yang berlangsung antara tanggal 11-13 Agustus 2023 di Plaza Tenggara Gelora Bung Karno, Jakarta dengan tema “Talenta Riset dan Inovasi untuk Indonesia Emas 2045”. Pameran Hakteknas 2023 menampilkan 109 produk-produk inovasi yang sudah teruji, termasuk diantaranya produk luaran Program Hibah Kedaireka Matching Fund Tahun 2022 dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Luaran Matching Fund (MF) 2022 Tim Wheelchair dari Fakultas Teknik Universitas Pancasila dengan judul prototipe beta kursi roda penyandang disabilitas terpilih sebagai 5 peserta yang dipamerkan produknya dari seluruh peserta MF 2022 pada Pameran Hakteknas tanggal 10 – 13 Agustus 2023, dengan Tim MF tersebut adalah:

Ketua: Prof. Dr. Ir. Dwi Rahmalina, MT

Anggota:

1. Dr. Agri Suwandi, ST, MT

2. Dr. Dede Lia Zariatin, ST, MT

3. I Gede Eka Lesmana, ST, MT

4.. Nur Yulianti Hidayah, ST, MT

5. Desinta Rahayu, ST, MT

6. Dhidik Mahandika, ST, MT

Prototipe Beta Kursi Roda Penyandang Disabilitas merupakan hasil kegiatan kerja sama Fakultas Teknik Universitas Pancasila dengan Mitra Industri PT. Mega Andalan Kalasan (MAK), dengan judul kegiatan “Riset Inovasi Hilirisasi Desain Rekayasa Prototipe Kursi Roda Berkekuatan Tinggi dan Ringan bagi Anak Penyandang Disabilitas untuk Menunjang Kemandirian Kesehatan.

Prototipe ini dikembangkan dari desain awal kursi roda yang dimiliki PT MAK, yang dirancang khusus aar memiliki kekuatan tinggi namun memiliki bobot yang ringan dan dilengkapi teknologi asistif untuk penyandang disabilitas dengan TKT 7.

Prototipe Beta Kursi Roda Penyandang Disabilitas ditargetkan mempunyai TKDN mencapai 60% dan diharapkan mampu menunjang Kemandirian Kesehatan di Indonesia.