All for Joomla All for Webmasters

SEJARAH FTUP

Tanggal 28 Oktober 1966 pada hari Sumpah Pemuda, diadakan penggabungan antara Universitas Pancasila (lama) dengan Universitas Bung Karno. Penggabungan dilakukan setelah dilakukan pembersihan (screening) terhadap unsur-unsur universitas yang diduga terlibat G30S/PKI. Sebelum proses penggabungan, Fakultas Teknik Universitas Pancasila sendiri telah merupakan bagian dari Universitas Pancasila (lama).

Pada saat transisi, akibat penggabungan kedua Universitas serta keadaan negara pada waktu itu, kegiatan perkuliahan dilaksanakan di Komplek Ditjen POM Departemen Kesehatan di Jakarta Pusat. Setelah keadaan berangsur membaik, maka seluruh kegiatan perkuliaha dilaksanakan di Jl. Borobudur No. 7, Jakarta Pusat.

Setelah penggabungan, Fakultas Teknik memiliki 6 jurusan, yaitu :

  1. Arsitektur
  2. Sipil
  3. Mesin
  4. Elektro
  5. Perkapalan
  6. Aeroneutika

Namun pada tahun 1971, mengingat jumlah dosen yang sangat terbatas, serta berkurangnya peminat, jurusan Perkapalan dan Aeroneutika ditutup dan dilebur ke jurusan Teknik Mesin.

Untuk memenuhi tuntutan kemajuan pembangunan, pada tahun 1971 dibuka jurusan Teknik Elektro (arus lemah).

Selanjutnya, sebagai akibat dari ditutupnya semua akademi di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja teknik tingkat Sarjana Muda, maka pada tahun 1988/1989 Fakultas Teknik membuka program Diploma III. Pada saat didirikan, Program Diploma III membuka 3 jurusan, yaitu Arsitektur, Teknik Mesin dan Teknik Elektro. Namun pada tahun 2006/2007 Program Diploma III Arsitektur ditutup, dan para mahasiswanya diarahkan untuk melanjutkan ke S1 Arsitektur.

Tahun 2000 dibuka jurusan Teknik Industri. Pada tanggal 30 Juni 2000, di kantor Kopertis III, dilaksanakan penyerahan keputusan Terdaftar pada Universitas Pancasila Program Studi Teknik Industri SI berdasarkan surat Keputusan Dirjen. DIKTI. Depdiknas. No. 168/DIKTI/Kep/2000 tertanggal 30 Mei 2000.

Disusul tahun 2001 dibuka Program Magister Teknik Mesin berdasarkan SK Dikti No. 2824/D/T/2001 tanggal 30 Agustus 2001.

Dengan semakin pesatnya perkembangan dunia informasi saat ini dan semakin cepatnya perkembangan pembangunan yang membutuhkan tenaga kerja yang mempunyai kemampuan rekayasa perangkat lunak untuk digunakan dalam mengoptimalkan kinerja (performance) perangkat lunak masih sangat sedikit. Selain itu juga untuk menghadapi pelaksanaan otonomi daerah dan pasar bebas masyarakat, dimana setiap perusahaan ditantang untuk dapat mengoptimalkan kinerjanya sehingga akan didapatkan efisiensi yang tinggi, maka Fakultas Teknik Universitas Pancasila pada tahun akademik 2002/2003 membuka Jurusan Teknik Informatika berdasarkan surat Keputusan Dirjen. DIKTI. Depdiknas. No. 1605/D/T/2002 tanggal 2 Agustus 2002.

Fakultas Teknik Universitas Pancasila menempati lokasi kampus di Jl. Borobudur No.7 Jakarta Pusat dan mulai tahun 1988 menempati lokasi baru di Srengseng Sawah, Jakarta Selatan. Untuk program Magister Teknik Mesin tetap menempati Kampus di Jl. Borobudur.

Back to top