Sistem Informasi Jasa Titip Pembelian Tiket Konser Berbasis Online pada “Naren Tiket”

Authors

  • Kresna Wira Widjanarko
  • Desti Fitriati

Keywords:

Black Box Testing; Refund; Sistem Informasi; Software Development Life Cycle (SDLC); Waterfall.

Abstract

Penyedia layanan jasa titip pembelian tiket konser sering kali menemui beberapa permasalahan,
mulai dari pelanggan sering kali mengganti informasi miliknya sehingga dibutuhkan pengecekan ekstra,
penginputan data masih manual, pengurangan tingkat pembelian karena proses pemesanan tiket masih harus
dilakukan dengan memesan via nomer telepon melalui aplikasi WhatsApp, selain itu juga pada penelitian lain
belum ada proses refund dan bagaimana cara pelanggan melihat tiket yang mana yang sudah diminati
sebelumnya untuk dipesan. Oleh karena permasalahan itu, dibuatlah Sistem Informasi Jasa Titip Pembelian
Tiket Konser Berbasis Online untuk mengatasi beberapa masalah yang dihadapi. Skripsi ini akan membahas
tentang pembuatan Sistem Informasi yang tepat dan mudah digunakan. Berdasarkan temuan dari wawancara,
dilakukan studi literatur untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang praktik terbaik dalam
pengembangan Sistem Informasi jasa titip pembelian tiket konser berbasis online. Metode yang digunakan
pada pembuatan Sistem menggunakan Software Development Life Cycle (SDLC) Waterfall dan nantinya
akan dilakukan pengujian dengan metode Black Box Testing. Sistem Informasi yang dikembangkan akan
memungkinkan pemilik/pegawai untuk dengan mudah melakukan input data pemesanan tiket, melakukan
pengecekan data secara cepat, meningkatkan proses pembelian jasa titip, memberikan fasilitas refund yang
mudah kepada pelanggan, dan memudahkan pelanggan dalam mencari tiket yang sudah diminatinya.
Diharapkan sistem ini dapat meningkatkan daya guna dan kualitas layanan pada "Naren Tiket", serta
memberikan pengalaman yang lebih baik bagi pelanggan.

Downloads

Published

2024-02-05

Issue

Section

Sistem dan Jaringan Cerdas untuk Perkotaan Berkelanjutan