Pemilihan Strategi Bersaing Coffee Shop DL dengan Metode SWOT-TOPSIS

Authors

  • Mohammad Ilhamsyah Akbar Universitas Pancasila
  • Dimas Satria Putra Universitas Pancasila
  • Anggina Sandy Sundari Universitas Pancasila

Keywords:

maksimal, strategi, kopi, SWOT, TOPSIS, MCDM

Abstract

Terjadi peningkatan jumlah kedai kopi di Indonesia yang diperkiran akan terus bertambah. DL merupakan salah satu bisnis coffee shop yang didirikan pada tahun 2019. Dengan meingkatnya trend coffee shop seharusnya penjualan DL meningkat. Dibutuhkan strategi yang dapat digunakan oleh DL untuk meningkatkan penjualan. Maka dibutuhkan usulan perbaikan guna meningkatkan penjualan. Dalam perbaikan ini dilakukan dengan beberapa cara yaitu mengguankan analisis fungsional, IFE matriks, analisis porter five forces analisis PEST, dan EFE matriks. Penelitian ini bertujan untuk menganalisis pemilihan strategi bersaing terbaik yang dapat digunakan DL melalui kuesioner yang diberikan ada 3 orang responden. Pemilihan strategi akan menggunakan metode SWOT-TOPSIS. Dimana metode SWOT akan menghasil alternatif strategi. Dilanjutkan dengan metode TOPSIS menghasilkan alternatif tebaik yang sudah dihasilkan dari metode SWOT. Hasil dari penelitian ini dapat dijadikan acuan DL untuk meningkatkan penjualan. Berdasarkan TOPSIS strategi yang terpilih adalah Promosi melalui platform lain selain instagram. Hal ini didukung dengan pernyataan dalam wawancara pihak DL yang menyebutkan kurangnya pemasaran dalam hal digital marketing.

Author Biographies

Mohammad Ilhamsyah Akbar, Universitas Pancasila

Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Pancasila, Jakarta

Dimas Satria Putra, Universitas Pancasila

Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Pancasila, Jakarta

Anggina Sandy Sundari, Universitas Pancasila

Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Pancasila, Jakarta

Downloads

Published

2023-02-01

Issue

Section

Teknik dan Sistem Industri