Peramalan Permintaan Produk SR12 Sabun Bulus di PT ANI Dengan Simulasi Monte Carlo
Keywords:
Permintaan, Penjualan, Sabun Bulus, Peramalan, Monte CarloAbstract
Perkembangan bisnis dapat dipengaruhi oleh kualitas pelayanan dan ketepatan dalam pengambilan keputusan. Perusahaan perlu mempersiapkan teknologi, biaya, tempat, dan metode perencanaan untuk mengambil keputusan di masa mendatang. Untuk merencanakan pengambilan keputusan yang akan datang maka diperlukan metode peramalan permintaan. Peramalan permintaan berperan penting dalam manemen operasi sebagai input perencanaan produksi. PT. ANI adalah perusahaan jasa maklun yang memproduksi produk personal care. Dalam periode Juni – Juli 2021, permintaan tertinggi yaitu produk Sabun Bulus dengan total permintaan 260 ribu unit. Adanya bias antara peramalan dengan kondisi aktual yang bersifat probabailistik menyebabkan kerugian di beberapa proses bisnis. Dalam penelitian ini digunakan metode simulasi Monte Carlo sebagai metode permalan permintaan Sabun Bulus. Rata-rata jumlah permintaan dengan peramalan metode simulasi Monte Carlo untuk periode Desember 2021 – Mei 2022 adalah sebanyak 48.462 unit dengan persentase error sebanyak 5%.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Prosiding Seminar Rekayasa Teknologi (SemResTek)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.