Peramalan Permintaan Produk SR12 Sabun Bulus di PT ANI Dengan Simulasi Monte Carlo

Authors

  • Livia Dwi Ananda Universitas Pancasila
  • Laela Chairani Universitas Pancasila

Keywords:

Permintaan, Penjualan, Sabun Bulus, Peramalan, Monte Carlo

Abstract

Perkembangan bisnis dapat dipengaruhi oleh kualitas pelayanan dan ketepatan dalam pengambilan keputusan. Perusahaan perlu mempersiapkan teknologi, biaya, tempat, dan metode perencanaan untuk mengambil keputusan di masa mendatang. Untuk merencanakan pengambilan keputusan yang akan datang maka diperlukan metode peramalan permintaan. Peramalan permintaan berperan penting dalam manemen operasi sebagai input perencanaan produksi. PT. ANI adalah perusahaan jasa maklun yang memproduksi produk personal care. Dalam periode Juni – Juli 2021, permintaan tertinggi yaitu produk Sabun Bulus dengan total permintaan 260 ribu unit. Adanya bias antara peramalan dengan kondisi aktual yang bersifat probabailistik menyebabkan kerugian di beberapa proses bisnis. Dalam penelitian ini digunakan metode simulasi Monte Carlo sebagai metode permalan permintaan Sabun Bulus. Rata-rata jumlah permintaan dengan peramalan metode simulasi Monte Carlo untuk periode Desember 2021 – Mei 2022 adalah sebanyak 48.462 unit dengan persentase error sebanyak 5%.

Author Biographies

Livia Dwi Ananda, Universitas Pancasila

Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Pancasila, Jakarta

Laela Chairani, Universitas Pancasila

Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Pancasila, Jakarta

Downloads

Published

2023-02-01

Issue

Section

Teknik dan Sistem Industri