Pengaruh Kontrol Aktif Aktuator Jet Sintetik Dengan Kaviti Berbentuk Kerucut Terhadap Penurunan Hambatan (Drag) Aerodinamika Pada Model Uji Reverse Ahmed Body
Keywords:
aktuator jet sintetik, reverse ahmed body, vortex ring, frekwensi, gelombang, drag, aliran separasi, CFDAbstract
Salah satu bidang yang menghasilkan gas rumah kaca adalah bidang transportasi. Emisi yang dihasilkan transportasi ada diangka 14% dan diprediksikan akan terus meningkat. Oleh karena itu berbagai riset dilakukan untuk menghemat konsumsi bahan bakar, salah satunya adalah dengan mengurangi drag aerodinamik pada kendaraan. Untuk mengurangi drag aerodinamik pada kendaraan perlu adanya pengaturan aliran separasi. Penelitian ini merupakan kajian dasar pengembangan dari pengontrolan aliran separasi turbulen yang merupakan suatu fenomena aerodinamik pada desain bodi kendaraan. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menganalisa pengaruh pemasangan aktuator jet sintetik terhapan penurunan drag aerodinamika kendaraan. Penelitian dilakukan dengan metode komputasional menggunakan software CFD (Fluent 18.2) dengan model uji reverse ahmad body. Pengujian dilakukan dengan memfokuskan pada aktuator jet sintetik dengan kaviti berbentuk kerucut dan diameter orifis 3 mm, pada 3 (tiga) kecepatan aliran yang berbeda yaitu 11,1 m/s, 13,9 m/s dan 16,7 m/s, serta eksitasi frekwensi aktuator jet sintetik yang digunakan yaitu pada range 90 Hz s/d 130 Hz dengan jenis gelombang quard. Hasil pengujian menunjukan bahwa setelah menggunaan kontrol aktif aktuator jet sintetik pada model uji reverse ahmad body dapat mengurangi hambatan (drag) areodinamika, dengan hasil maksimal diperoleh pada kecepatan 11,1 m/s pada frekwensi 90 Hz yaitu sebesar 12% (ΔCD = 0.189).