Analisis Pengujian Sepeda Motor Listrik 3 kW Pada Jalan Mendatar dan Menanjak
Keywords:
sepeda motor listrik, pengujian dinamis, dayaAbstract
Kebutuhan akan kendaraan berbasis elektrik yang mampu menggantikan secara penuh peran kendaraan berbahan bakar fosil sebagai alat transportasi menuntut terciptanya kendaraan listrik yang memiliki kehandalan tinggi dalam kekuatan baterai, efisiensi energi, kecepatan, dan daya. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan melakukan uji jalan sepeda motor listrik 3 kW dengan menggunakan Motor Brushless DC 48 Volt 3000 Watt, Controller 48 V, Baterai 48 V 30 Ah dan Handle Gas 48 V, serta bertujuan untuk mengetahui konsumsi daya sepeda motor listrik melalui pengujian dinamis dengan kecepatan bervariasi pada medan jalan mendatar dan menanjak. Nilai parameter saat pengujian yang didapat berupa arus listrik serta tegangan yang diukur dengan tang ampere dan multitester. Data yang didapat berupa daya pada pengujian jalan mendatar dengan kecepatan 15 km/jam, 30 km/jam,45 km/jam sebesar 500,76 W, 841,75 W, 1287,4 W, sedangkan pada jalan menanjak dengan variasi kecepatan yang sama dayanya sebesar 879,4 W, 1141,9, 1593,9 W. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan, berdasarkan pengujian eksperimental bahwa kondisi medan jalan dan besarnya kecepatan sepeda motor listrik mempengaruhi besarnya daya. Semakin tinggi kecepatan, daya yang dibutuhkan semakin besar, dan kondisi jalan menanjak membutuhkan daya yang lebih besar dibanding jalan mendatar.