IMTI CEPAT TANGGAP (ICT) : PENGGALANGAN DANA BAGI KORBAN BANJIR BANDANG DI KOTA BATU, MALANG, JAWA TIMUR

Banjir bandang yang melanda Kota Batu, Malang, Jawa Timur pada Kamis, 4 November 2021 tersebar di enam titik, yaitu di Desa Sambong, Desa Bulukerto, Desa Sumberbrantas, Desa Tulungrejo, Desa Sidomulyo, dan Desa Punten Kecamatan Bumiaji. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan banjir bandang yang menerpa wilayah Kota Batu, Malang, Jawa Timur disebabkan oleh  bendungan alam yang jebol di kawasan hulu.

IMTI FT-KMUP sebagai wadah kegiatan mahasiswa dengan tanggap melakukan penggalangan dana untuk membantu para korban bencana alam tersebut. Hal ini merupakan wujud implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi poin ketiga yaitu Pengabdian kepada Masyarakat, dengan mengadakan IMTI Cepat Tanggap (ICT) berupa penggalangan dana (open donation) yang dilakukan secara online dalam bentuk transfer dana ke rekening panitia dan secara offline dengan turun langsung ke masyarakat.

Open donation secara online dibuka sejak tanggal 8 – 11 November 2021. Sedangkan pada tanggal 10 November 2021 pada pukul 16.00 – 17.45 WIB, penggalangan dana dilakukan secara offline dengan turun langsung ke masyarakat di lingkungan sekitar Universitas Pancasila, Jakarta Selatan, yang terbagi menjadi dua titik. Titik pertama berada di sekitar Halte Universitas Pancasila dan titik kedua berada pada putaran arah rel kereta api. Relawan yang hadir berjumlah 22 orang terbagi menjadi 2 kelompok, dimana kelompok 1 melakukan penggalangan dana di Halte Universitas Pancasila dan kelompok 2 melakukan penggalangan dana di putaran arah rel kereta api.

Penggalangan Dana di Halte Universitas Pancasila Penggalangan Dana di Putaran Arah Rel Kereta Api

Kegiatan ditutup dengan melakukan perhitungan dari hasil donasi yang terkumpul. Hasil donasi yang terkumpul pada open donation melalui transfer rekening sebesar Rp 320.000,00, sedangkan pada penggalangan dana dengan turun langsung ke masyarakat sebesar Rp 3.197.000,00.

Perhitungan Hasil Penggalangan Dana

Penyerahan Hasil ICT ke ACT (Aksi Cepat Tanggap)

IMTI FT-KMUP berharap dengan bantuan dana yang diberikan dapat sedikit membantu para korban banjir bandang di Kota Batu, Malang, Jawa Timur.

Bidang III Sosial dan Kerohanian

IMTI FT-KMUP

“Berdampak Nyata”