Pengaruh Dimensi Depth Draw Dan Flange Terhadap Defleksi Pada Komponen Bracket Joint

Authors

  • Estu Prayogi
  • Lourentinus Noto Budyo

Keywords:

Bracket Joint, defleksi, rangka jok

Abstract

Bracket Joint adalah salah satu komponen pada rangka jok kendaraan roda empat yang berfungsi menghubungkan konstruksi rangka punggung dan rangka dudukan. Bracket joint dibuat dengan proses stamping dengan fitur depth draw dan flange. Fitur depth draw dan flange berfungsi sebagai penguat pada struktur bracket joint. Analisa pada komponen ini bertujuan untuk mendapatkan nilai defleksi struktur Bracket Joint akibat gaya yang diberikan sebesar 1325 N. Sebelumnya dibuat varian dimensi depth draw dan flange dengan perbandingan linier pada dimensi Depth draw dengan interval 1 mm menurun. Dimensi depth draw dan flange pada produk awal adalah 10 – 7 mm, sedangkan dari penentuan varian didapatkan dimensi 9- 6,3 mm; 8 - 5,6 mm; 7 - 4,9 mm; 6 - 4,2 mm. Dengan menggunakan simulasi CAE didapat nilai defleksi berturut-turut 0,530 mm; 0,534 mm; 0,540 mm; 0,542 mm; 0,554 mm. Berdasarkan perhitungan analitik didapatkan nilai defleksi berturut-turut 0,452 mm; 0,487 mm; 0,531 mm; 0,565 mm; 0,638 mm. Rata-rata kenaikan defleksi dari hasil simulasi adalah 0,06 mm per 1 mm penurunan dimensi depth draw. Sedangkan dari hasil perhitungan analitik, kenaikan nilai defleksi rata-rata adalah 0,44 mm per 1 mm penurunan dimensi depth draw.

Downloads

Published

2018-12-04

Issue

Section

Articles