PERFORMA MESIN TERHADAP PENGGUNAAN MEKANISME DUAL VVT-I PADA MESIN BENSIN DENGAN METODE EKSPERIMENTAL

  • Akhdan Naufal
  • Wegie Ruslan
  • Nely Toding Bunga
Keywords: Dual VVT-I, Tenaga mesin (horse power), Pertamax

Abstract

Mobil adalah salah satu alat transportasi yang sangat diminati oleh masyarakat Indonesia. Dalam
memnuhi harapan masyarakat akan sebuah mobil, pihak pabrikan biasanya terus berlomba dalam
pengembangan teknologinya salah satunya dalam teknologi pengembangan mesin. Saat ini teknologi mesin
yang terus berkembang adalah bagaimana bisa menghasilkan tenaga mesin yang besar namun tetap irit bahan
bakar. Salah satu teknologi tersebut yang ada saat ini adalah Variable Valve Timming with Intelligence (VVTI) yang sudah terkenal. Saat ini teknologi ini pun terus dikembangkan menjadi Dual VVT-I dengan keunggulan lebih bertenaga dan irit bahan bakar. Dalam penelitian ini akan dilakukan pengujian menggunakan metode eksperimental langsung untuk menguji performa tenaga mesin yang dihasilkan dari dua generasi mesin tersebut menggunakan
alat mesin Dyno Test dimana 2 mobil yang memiliki perbedan mesin tersebut di test running sampai menyentuh limitnya sehingga dapat diukur hasil tenaga yang dihasilkan secara real on wheel dan didapat terjadi perbedaan sampai 3 Horse Power antara dua mesin tersebut dengan Dual VVT-I yang lebih
tinggi.

Published
2020-03-01
Section
Articles