Analisis Warpage Berdasarkan Aliran Material Dan Sistem Pendingin Pada Cetakan Injeksi Plastik Dan Optimasi Pada Produk Front Cover Sensor

  • Djoko W. Karmiadji
  • Vera Aulia
Keywords: front cover sensor, warpage, cooling, cool analysis, fill analysis

Abstract

Produk Front Cover Sensor merupakan produk cover sebagai rumah untuk rangkaian sensor. Dimana pada aplikasinya produk ini akan disusun dengan produk lainnya, sehingga kesesuaian haruslah diperhatikan dengan sedikit kegagalan. Namun pada pertama kali produksi, produk ini mengalami kegagalan warpage,  diantara  beberapa  faktornya  karena  ketidakseragaman  ketebalan  dan  pendinginan  yang  tidak merata. Terlebih kontur dari produk ini memiliki keunikan yaitu undercut profil berada pada area cavity. Penelitian dilakukan untuk mengetahui warpage pada produk melenting dengan menganalisis aliran material plastik dalam rongga cetak (fill analysis) dan sistem pendingin pada cetakan (cool analysis). Metoda analisis yang dilakukan didasarkan pada VDI 2222 dengan sedikit modifikasi agar sesuai dengan aplikasi, yaitu dengan  cara:  mensimulasikan  dan  mempelajari  aliran  plastik,  mensimulasikan  dan  menganalisa  sistem pendingin cetakan, melakukan injeksi pada cetakan modifikasi dan existing, membandingkan hasil trial, dan menganalisis data yang didapatkan dengan membandingkan data.

Dari hasil analisis diketahui penyebab warpage karena ketidakseragaman aliran material plastik pada rongga cetak dan pendinginan pada cetakan. Perbaikan desain pendingin menghasilkan data penyusutan yang semula 0.95% menjadi 0.05%, dengan parameter melt temperature 221 – 265oC injection time 2 detik, backpressure 20kgf/cm2, 30kgf/cm2  dan 40kgf/cm2, kecepatan injeksi 38mm/s. Pengujian satu menghasilkan data penyimpangan sebesar 0.012, pada pengujian kedua sebesar 0.055, dan pengujian ketiga 0.003.

Published
2018-12-05