Optimasi Geometri Foil Pada Kapal Hidrofoil Menggunakan Algoritma Genetika (Ga)

  • Eva Hertnacahyani Herraprastanti
  • Helmi Gunawan
  • Ruzita Sumiati
Keywords: optimasi; hidrofoil; Genetic Algorithm (GA);

Abstract

Hidrofoil merupakan kendaraan air yang dapat meluncur dengan cepat karena mempunyai sayap yang dapat melintasi air. Ada dua pasang foil dalam hidrofoil. Satu pasang diletakkan di pusat gravitasi kapal dan sepasang lainnya diletakkan dekat bagian belakang kapal. Geometri foil yang dirancang dalam penelitian ini diharapkan mampu menghasilkan gaya angkat (lift) yang maksimal serta menghasilkan gaya hambat (drag) seminimal mungkin pada waktu yang bersamaan. Selanjutnya melakukan optimasi menggunakan Algoritma Genetika (GA) untuk mendapatkan nilai CL/CD maksimum paling besar. Metodologi   penelitian dilakukan melalui empat tahapan yaitu 1) penentuan sudut serang dan Bilangan Reynold; 2) penentuan foil NACA 63(3)018, dan S8064; 3) iterasi dengan JavaFoil solver, 4) proses optimasi menggunakan Matlab 2013. Hasil penelitian menunjukkan validasi pada Naca 2415 menghasilkan nilai CL metode panel yang cukup baik dan akurat dengan rata-rata kesalahan sebesar 47%, sedangkan validasi untuk CD rata-rata kesalahan 1.47%. Sedangkan validasi pada S9000 menghasilkan nilai CL dengan rata-rata kesalahan sebesar 3.66%, dan CD dengan rata-rata kesalahan sebesar 6.83%. Kesimpulan penelitian adalah nilai rasio gaya angkat terhadap gaya hambat (CL/CD) maksimum dipengaruhi oleh bilangan Reynold. Semakin besar bilangan Reynold maka nilai CL/CD  maksimum juga semakin tinggi. Ketebalan (thickness) dan camber maksimum hidrofoil setelah dioptimasi mempunyai kecenderungan semakin meningkat dengan peningkatan bilangan Reynold.

Published
2018-12-05