Rancang Bangun Pembibitan Tanaman Dengan Luas 2 m2 Menggunakan Metode Vertikultur

  • Istianto Budhi Rahardja
Keywords: pembibitan, vertikultur, pembebanan, daya pompa.

Abstract

Rancang bangun adalah membuat sistem proses di lingkungan untuk mempermudah dalam pembuatan, perakitan, serta pemeliharaan. Di dalam merancang bangun pembibitan terdapat beberapa yang diperlukan yaitu : proses penempatan penanaman, penyiraman, pemeliharaan, pembebanan, serta lingkungan sekitar yang memengaruhi pembibitan tanaman.

Pembibitan merupakan proses pembudidayaan tanaman produksi pangan dengan tujuan untuk menghasilkan produk pohon pangan yang berkualitas. Pembibitan dengan metode vertikultur adalah pembibitan yang

dilakukan dengan membentuk secara bertingkat menggunakan kontruksi besi hollow (kotak), serta tempat

pembibitan berbentuk bulat (cup), tanpa menggunakan lahan pembibitan luas di dalam tanah (meminimalkan pemakaian lahan), serta mempermudah dalam perawatannya. Sistem ini menggunakan penyiraman bersirkulasi, dengan pemasang pompa air yang berada di bawah bak penampung. Air yang berada di dalam bak penampung akan dipompakan ke bagian atas (pembibitan pertama), kemudian mengalir kepada bagian selanjutnya, yang akan menyirami pembibitan selanjutnya. Air yang telah menyirami akan ditampung pada bak penampung di bagian bawah, selanjutnya akan dipompa kembali.

Konstruksi  yang  dipergunakan  untuk  pembibitan  vertikultur  adalah  panjang  2  meter,  tinggi  1,5  meter, dengan pipa paralon bertingkat 5 unit untuk pembibitan sebanyak 40 bibit. Seluruh beban yang terjadi padakonstruksi pembibitan vertikultur sebesar 141 kg (setiap baris pembibitan 28,2 kg). Daya pompa penyiraman 0,51 Watt dengan kapasitas aliran sebesar 122 liter/jam.

Published
2018-12-04