Analisis Uji Jalan Sepeda Motor Listrik 1 kW

  • Eko Prasetyo
  • Dahmir Dahlan
  • Rachmat Ryfaldi
Keywords: sepeda motor listrik; uji jalan; kecepatan; daya; dan torsi

Abstract

Penelitian  ini  melakukan  uji  jalan  sepeda  motor  listrik  1  kW  dengan  menggunakan  Motor Brushless DC 48 Volt 1000 Watt, Baterai 48 Volt 30 Ah. Penelitian ini bertujuan untuk memahami pengaruh beban terhadap kecepatan dan torsi serta pengaruh beban terhadap kecepatan dan daya berdasarkan variasi beban I dan II. Metode yang digunakan pada uji jalan sepeda motor listrik 1 kW yaitu eksperimental sebanyak 3 kali pada setiap variasi beban. Peralatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tang ampere, multitester dan speedometer. Hasil penelitian uji jalan sepeda motor listrik 1 kW didapatkan torsi rata-rata tertinggi variasi beban I (57 kg) terdapat pada kecepatan 5 km/jam sebesar 52,73 Nm. Selanjutnya pada variasi beban II (59,5 kg), torsi rata-rata tertinggi terdapat pada kecepatan 5 km/jam sebesar 57,15 Nm. Kemudian daya rata-rata tertinggi pada variasi beban I (57 kg) terdapat pada kecepatan 25 km/jam sebesar 923,26 Watt, selanjutnya pada variasi beban II (59,5 kg) terdapat pada kecepatan 25 km/jam sebesar 1115,78 Watt. Hasil dari penelitian ini didapatkan kesimpulan  bahwa torsi tertinggi didapatkan pada kecepatan terendah maka semakin tinggi kecepatan, torsi akan menurun. Pada kecepatan tertentu, semakin tinggi berat badan maka torsi yang dihasilkan semakin besar. Sedangkan semakin tinggi kecepatan maka daya akan meningkat pula (berbanding lurus) hingga titik maksimum. Selanjutnya semakin tinggi berat badan dan kecepatan maka daya yang dihasilkan akan semakin meningkat.

Published
2018-12-04