Penurunan Hambatan Pada Model Uji Reverse Ahmed Body Akibat Pengaruh Pemasangan Aktuator Jet Sintetik Jenis Kaviti Setengah Bola

  • Ramon Trisno
  • Dika Indrawan
Keywords: CFD, aerodinamika, reverse ahmed body.

Abstract

Dengan meningkatnya volume kendaraan yang terjadi saat ini yang  berdampak langsung terhadap peningkatan konsumsi bahan bakar, berbagai riset dilakukan   untuk melakukan penghematan penggunaan bahan bakar pada kendaraan, salah satunya dengan   mengurangi gaya drag aerodinamika. Penelitian ini merupakan kajian dasar pengembangan dari pengontrolan separasi aliran turbulen yang merupakan fenomena aerodinamik desain bodi kendaraan yang bertujuan untuk menganalisa pengaruh pemasangan aktuator jet sintetik pada model uji reverse Ahmed Body terhapan penurunan drag.

 Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode komputasional menggunakan software CFD Fluent 18.2. Langkah awal yang dilakukan yaitu dengan menentukan titik separasi pada bagian belakang benda uji pada kecepatan freestream 11,1 m/s, 13,9 m/s, 16,7 m/s yang akan digunakan untuk posisi pemasangan aktuator jet sintetik berbentuk kaviti setengah bola. Langkah kedua yaitu dengan melakukan perbandingan data hasil simulasi pada model uji tanpa menggunakan aktuator dan dengan menggunakan aktuator dengan frekuensi eksitasi antara 90 Hz – 130 Hz. Langkah ketiga yaitu menghitung nilai penurunan drag yang terjadi pada model uji akibat pemasangan aktuator jet sintetik.

 Hasil Penelitian menunjukan adanya pengaruh penurunan drag pada kecepatan freestream 11,1 m/s dan frekuensi 90 Hz terjadi penurunan drag sebesar 15,7 %. Pada kondisi ini aktuator jet sintetik memiliki performa yang paling baik dibandingkan dengan kondisi yang lainnya.

Published
2018-12-04