Analisis Penghematan Konsumsi Listrik pada AC Ruangan dengan Menggunakan Refrigeran R-290 (Propane) Sebagai Pengganti R-32

  • Widodo Widodo
  • Fatkur R.
Keywords: Turbocharger, daya, efisiensi thermal, mesin bensin 4 langkah

Abstract

Dengan adanya pelarangan penggunaan bahan pendingin yang mengandung Ozone Depleting Potential (ODP) dan yang dapat menimbulkan terjadinya Pemanasan Global yang biasa disebut dengan Global Warming Potential (GWP) sesuai Peraturan Menteri Perindustrian Nomor: 41/M-Ind/Per/5/2014 tentang Larangan Penggunaan HCFC (Hydro Chluoro Fluoro Carbon) dan Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Nomor 13 Tahun 2012 Tentang Penghematan Pemakaian Energi Listrik dengan jelas menyatakan bahwa seluruh bangunan gedung kantor pemerintah baik di pusat maupun daerah harus melaksanakan program Penghematan Energi Listrik pada sistem Tata Udara (Air Conditioning Sistem), sistem  tata  cahaya  dan  peralatan  pendukung  lainnya. Ditinjau  dari  karakteristik  bahan  pendingin  yang dimiliki  oleh  refrigeran  R-32  (Difluoromethana)  yang  mengandung  unsur  Non  ODP  dan  GWP:  675 sedangkan  refrigeran  R-290  (Propane)  tidak  mengandung  unsur  ODP  dan  memiliki  GWP:  <4.  Pada penelitian  ini tekanan  kerja  refrigeran R-32  dipilih pada 115  Psig sedangkan  R-290:  75  Psig.  Dengan menggunakan refrigeran R-290 sebagai pengganti R-32 pada unit AC-Split, ada beberapa perubahan perilaku dan Standar Operasional Prosedur pengerjaan dikarenakan R-290 merupakan refrigeran kelompok A2 yang memiliki sifat mudah terbakar pada batas volume dan ambang batas yang sudah ditentukan. Dari hasil pengujian dan pengambilan data selanjutnya dilakukan perhitungan, analisis dan diperoleh performa sebagai berikut:  Suhu  maksimal  pendinginan  yang  diperoleh  dengan  menggunakan  R-32  rata-rata:  19.1°C  dan dengan R-290: 19.0°C, COP R-32: 4.9 dan R-290 : 6.3 sedang kuat arus listrik dengan R-32 : 3.5 Amper dan R-290 : 2.3 Amper jadi penghematan konsumsi listrik dapat mencapai 34.3%.

Published
2018-12-04