PROSES MANUFAKTUR MESIN ROLL BENDING PIPA MODEL VERTIKAL DENGAN JENIS PIPA STAINLESS STEEL DIAMETER ¾ INCHI

  • Bambang Sulaksono
Keywords: Roll Bending Pipa, Vertikal, pembuatan

Abstract

Mesin roll bending pipa biasa digunakan dalam industri untuk membengkokkan pipa menjadi bentuk yang diinginkan, kekurangan dari alat yang sudah ada yaitu alatnya masih digerakkan secara manual, dengan demikian agar proses bending pipa mendapatkan hasil yang maksimal, diperlukan penyempurnaan pada beberapa mekanisme, yaitu dengan memakai motor untuk menggerakkan alat secara otomatis, agar mempermudah proses pembuatan atau pengerjaan pipa dalam bentuk setengah lingkaran ataupun lingkaran penuh.

Laporan tugas akhir ini berisikan tentang proses pembuatan mesin roll bending pipa model vertikal dengan jenis pipa stainless Steel diameter ¾ inci, yang langkah pembuatannya menggunakan OPC (Operation Procedure Chart) dan SOP (Standart Operation Procedure).

Mesin roll bending pipa yang dibuat memiliki dimensi panjang 710 mm, lebar 510 mm, tinggi 900 mm. Mesin roll bending pipa ini telah berhasil dibuat, semua komponen apabila diuji semua dapat berfungsi. Tetapi masih memiliki kekurangan. Dikarenakan tekanan yang begitu besar pada pipa stainless Steel yaitu 295,87 kg berakibat pada handle ulir penekan tidak mampu memberi tekanan dan ulir pada handle habis/dol.

Published
2019-01-03