Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) yang diinisiasi oleh Fakultas Teknik Informatika. Adapun pelaksana dari kegiatan ini adalah gabungan tim dosen dan mahasiswa dari Fakultas Teknik yang meliputi program studi Teknik Informatika dan Teknik Elektro, serta Fakultas Psikologi. Adapun sebelum melakukan kegiatan, terlebih dahulu dilakukan preliminary study di sekolah playgoup dan taman kanak-kanak Yayasan Islam DarutTaqwa. Hasil dari preliminary study adalah  masih dibutuhkannya seminar/pelatihan kepada guru dan orang tua murid mengenai strategi pengasuhan anak dan juga manajemen rumah tangga.


Pada kegiatan PPM kali ini difokuskan pada topik pengasuhan anak berdasarkan tipe kepribadian orang tua dan tata kelola listrik di rumah serta penggunaan gadget yang aman bagi anggota keluarga. Peserta juga difokuskan pada ibu karena memanfaatkan kehadiran Ibu disekolah saat mengantar anaknya, dan juga mempertimbangkan bahwa biasanya pengasuhan anak dan manajemen rumah tangga masih lebih sering diserahkan oleh Ibu.


Adapun pengasuhan anak berdasarkan tipe kepribadian dipilih selain untuk menumbuhkan self awareness ibu atas karakteristik dirinya juga untuk menerapkan aplikasi mobile tipe kepribadian yang dikembangkan oleh mahasiswa Teknik Informatika. Sedangkan tata kelola listrik dan penggunaan gadget yang aman diberikan berdasarkan pertimbangan bahwa saat ini banyak sekali rumah tangga yang tidak memperhatikan instalasi listrik sehingga rentan terhadap resiko kebakaran dan juga tidak banyak orang tua yang menyadari bahaya radiasi dari gadget terhadap kesehatan tubuh.


Materi diatas diberikan kepada guru TK dan orang tua/ibu, karena guru selain mengajar siswa-siswanya juga mengasuh anak di rumah. Tidak jarang permasalahan yang dihadapi guru dirumah dan sekolah sama, dimana terkait dengan interaksi orang tua-anak dalam proses tumbuh kembangnya. Tentunya pemberian materi-materi diatas diharapkan dapat membantu para Ibu untuk mengembangkan pengetahuan dan strategi pola asuh yang efektif dalam keluarga serta adanya manajemen rumah tangga yang aman bagi seluruh anggotanya.

Back to top