All for Joomla All for Webmasters

BOGOR - Sebagai wujud kepedulian terhadap dunia pendidikan, peningkatan pemberdayaan ekonomi masyarakat pedesaan serta dukungan kepada kegiatan yang melibatkan peran serta antara masyarakat, mahasiswa dan dunia usaha. MNC Peduli dan Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Pancasila meresmikan infrastruktur dalam program "Bangun Desa" pada 30 Juli 2019 di Kampung Legok Muncang, Desa Leuwisadeng, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Dalam program bersinergi ini, dilakukan peresmian dan rangkaian kegiatan sosial lainnya seperti pembangunan jalan dan perbaikan jembatan, penerangan lampu jalan dengan panel surya, pengadaan perlengkapan mushola, penyuluhan kesehatan dan pendidikan, budidaya tanaman toga, dan pemberian kambing untuk budidaya ternak masyarakat setempat.

Dekan Fakultas Teknik Universitas Pancasila, Budhi Muliawan Suyitno, mengungkapkan Green Village untuk Leuwisadeng akan menjadi isu utama dalam mendukung terwujudnya desa mandiri.

Pemanfaatan sumber daya alamiah desa, potensi masyarakat desa dan pemanfaatan teknologi tepat guna dapat diaplikasikan. Pemanfaatan panel surya sebagai sumber energi alternatif akan digunakan untuk mendukung penerangan jalan. Serta peta potensi desa dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat menjadi bagian penting sebagai dasar bagi pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM)," jelas Budhi.

Mahasiswa Universitas Pancasila mulai 13 Juli 2019 hingga 1 Agustus 2019 melakukan program pembinaan dan penggerakan Ekonomi Kreatif di Kampung Kukuk Sumpung, Desa Gobang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Beberapa produk yang akan dikembangkan oleh mahasiswa yang tergabung dalam tim pengabdian masyarakat Pancasila Mengabdi 2019, yaitu gula aren menjadi gula semut, biji kopi Gobang yang biasa dijual berupa biji kopi diolah menjadi produk siap konsumsi, serta serat pohon aren yang akan dikembangkan menjadi kerajinan tangan olahan lidi.

Pembinaan dilakukan dengan harapan agar dapat mengembangkan dan mengelola lebih lanjut Produk Unggulan Kawasan Desa yang berpotensi memiliki nilai jual yang tinggi. Pada pembinaan ini, masyarakat akan disampaikan para ahli yang bergerak di bidangnya, pembinaan yang dilakukan pun akan dikemas secara menarik dan mudah dipahami.

Ahli yang akan melakukan pembekalan dan penyuluhan, yaitu Ahmad Basiran dan tim selaku Ketua Kelompok Tani Sari Jetis Legen Cilacap, tim dari Pusat Penelitian dan Pengembangan Kopi dan Kakao Indonesia, Jember, dan Asep Cimahi serta tim yang merupakan Ketua Kelompok Pengrajin Serat Lidi Se-Cimahi, Tasikmalaya, Garut, dan Banjar.

Pada tanggal 28 Juni 2019, Fakultas Teknik Universitas Pancasila menerima kunjungan dari “Mirai Gakuin Japanese Language Center” dan “Fukuoka Kokusen” dari Jepang.

Adapun tujuan dari kunjungan ini adalah memperkenalkan “Fukuoka Kokusen”, sebuah sekolah kejuruan yang mendidik tenaga ahli untuk mendapatkan lisensi surveyor profesional di Jepang. Di Indonesia, Fukuoka Kokusen telah menjalin kerjasama dengan “Mirai Gakuin Japanese Language Center”, sebuah sekolah bahasa Jepang yang berlokasi di BSD, Tangerang.

Dalam kunjungan ini, hadir Mr. Kichitaka Shimada (Principal), Ms. Miki Mizukami (International Office) dan Mr. Yoshitaka Shimada (Internal Office) dari Fukuoka Kokusen serta Ibu Rizka Hermin Zulaicha (Pimpinan) dan Ibu Fida Alfiah (International Study Advisor) dari Mirai Gakuin.

Back to top