All for Joomla All for Webmasters

Mahasiswa Universitas Pancasila mulai 13 Juli 2019 hingga 1 Agustus 2019 melakukan program pembinaan dan penggerakan Ekonomi Kreatif di Kampung Kukuk Sumpung, Desa Gobang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Beberapa produk yang akan dikembangkan oleh mahasiswa yang tergabung dalam tim pengabdian masyarakat Pancasila Mengabdi 2019, yaitu gula aren menjadi gula semut, biji kopi Gobang yang biasa dijual berupa biji kopi diolah menjadi produk siap konsumsi, serta serat pohon aren yang akan dikembangkan menjadi kerajinan tangan olahan lidi.

Pembinaan dilakukan dengan harapan agar dapat mengembangkan dan mengelola lebih lanjut Produk Unggulan Kawasan Desa yang berpotensi memiliki nilai jual yang tinggi. Pada pembinaan ini, masyarakat akan disampaikan para ahli yang bergerak di bidangnya, pembinaan yang dilakukan pun akan dikemas secara menarik dan mudah dipahami.

Ahli yang akan melakukan pembekalan dan penyuluhan, yaitu Ahmad Basiran dan tim selaku Ketua Kelompok Tani Sari Jetis Legen Cilacap, tim dari Pusat Penelitian dan Pengembangan Kopi dan Kakao Indonesia, Jember, dan Asep Cimahi serta tim yang merupakan Ketua Kelompok Pengrajin Serat Lidi Se-Cimahi, Tasikmalaya, Garut, dan Banjar.

Selain itu, dilakukan juga pembangunan strategis, antara lain melalui pembangunan gedung serba guna. Gedung ini diharapkan bisa menjadi wadah bagi masyarakat sekitar untuk berkumpul dan bermusyawarah, sarana bersosialisasi, menjadi pusat pemberdayaan, pengembangan dan pelatihan masyarakat, serta menjadi gudang hasil tani bagi kelompok petani.

Program lainnya yang akan dilakukan adalah serangkaian Agenda Fun Learning yang ditujukan pada anak-anak di desa Gobang. Kegiatan Fun Learning tersebut mengacu pada tujuh keilmuan yang ada di Universitas Pancasila.

Pengabdian masyarakat yang dilaksanakan oleh Senat KMUP ini betema “Mengabdi dengan Hati untuk Membangun Negeri”. Program ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian, pengetahuan, serta kesadaran warga desa akan lingkungan, kehidupan, dan pendidikan sehingga dapat meningkatkan taraf kesejahteraan hidupnya.

Selain itu, Senat Mahasiswa Fakultas Teknik Keluarga Mahasiswa Universitas Pancasila (SEMA FT-KMUP) juga menyelenggarakan Pengabdian Masyarakat Teknik Pancasila Bangun Desa Jilid 3. Kegiatan yang mengusung tema “Satukan Langkah Kecil untuk Keindahan Bersama” ini dilaksanakan pada tanggal 15 hingga 28 Juli 2019 mendatang di Kampung Legok Muncang dan Kampung Bara Gajed, Desa Leuwisadeng, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Kegiatan berfokus pada pembangunan infrastruktur dan sumber daya setempat. Adapun kegiatan pengabdian ini dibagi menjadi dua kampung. Pada Kampung Legok Muncang, pembangunan dan perbaikan infrastruktur berfokus pada pembangunan gapura, pembangunan jalan sepanjang 400 m yang menghubungkan Kampung Legok Muncang ke Kampung Baru, perbaikan saluran pengairan dan irigasi di daerah Cikuwungkuwung dan Kampung Baru, serta pembuatan biopori dan budi daya daun sirih. Sedangkan, pada Kampung Bara Gajed berfokus pada pembangunan MCK.

Selain pembangunan infrastruktur, akan dilakukan kegiatan pengembangan sumber daya masyarakat yang dilaksanakan pada kedua kampung tersebut. Yaitu, berupa edukasi mengenai kurikulum pendidikan 2013 yang dilaksanakan di SD Sindangwangi, sosialisasi bahaya dari narkoba, informasi mengenai pernikahan dini, pelatihan penggunaan aplikasi komputer microsoft, pemanfaatan sekam gabah, serta sosialisasi terkait surat menyurat kepemilikan tanah.

Program yang merupakan implementasi dari program kerja pengabdian masyarakat ini diharapkan menjadi wujud nyata dari kegiatan pengabdian masyarakat, di mana mahasiswa tidak hanya bermanfaat untuk dirinya sendiri, tetapi juga harus membawa manfaat bagi lingkungan sekitarnya. 

Back to top