All for Joomla All for Webmasters

PERSYARATAN MENGAMBIL KERJA PRAKTEK

Untuk dapat mengambil Kerja Praktek, mahasiswa diwajibkan untuk memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan yaitu antara lain: 

  • Peserta menyelesaikan administrasi akademis :
  • Jumlah sks yang dikumpulkan ≥ 80 sks dengan IPK ≥ 2,00 
  1. Terdaftar sebagai mahasiswa pada tahun akademis yang berjalan
  2. Memprogramkan Kerja Praktek dalam KRS (Kartu Rencana Studi)

PERSYARATAN SIDANG KERJA PRAKTEK

  • Telah menyelesaikan seluruh administrasi keuangan di FTUP
  • Telah menyelesaikan mata kuliah sebanyak 80 sks
  • IPK ≥ 2,00
  • Telah menyelesaikan semua Tugas-tugas Besar yang telah ditetapkan oleh Program Studi
  • Setelah persyaratan tersebut di atas telah dipenuhi, mahasiswa yang mengambil Kerja Praktek dapat dinyatakan sebagai peserta sidang Kerja Praktek dan Laporan Kerja Prakteknya  dapat disidangkan dan dilakukan penilaian terhadap Kerja Praktek yang bersangkutan.

PROSEDUR KERJA PRAKTEK PROGRAM DIPLOMA III TEKNIK MESIN FTUP

  1. Mahasiswa wajib membuat proposal kerja praktek yang berisi latar belakang, tujuan, dan jadwal pelaksanaan.
  2. Mahasiswa mendaftarkan kerja praktek ke Sekratariat Program Diploma III Jurusan Teknik Mesin untuk mendapatkan surat pengajuan kerja praktek yang disertai dengan proposal yang telah dibuat.
  3. Surat pengajuan kerja praktek dinyatakan sah bila ditandatangani oleh Ketua Jurusan atau Koordinator Kerja Praktek.
  4. Bila mahasiswa sudah dinyatakan diterima oleh industri tempat kerja praktek, mahasiswa wajib membawa buku asistensi yang setiap harinya di tanda tangan oleh pembimbing kerja praktek di industri tempat kerja praktek.
  5. Mahasiswa melakukan kerja praktek di industri-industri yang berkaitan dengan dunia Teknik Mesin selama waktu tertentu.
  6. Setelah selesai melakukan kerja praktek, mahasiswa diwajibkan membuat laporan yang kemudian dipresentasikan di depan dosen penguji.
  7. Bila waktu pelaksanaan kerja praktek bertepatan dengan masa perkuliahan, maka mahasiswa tersebut mendapat keringanan untuk tidak hadir saat kuliah tetapi mahasiswa tersebut dinggap hadir di dalam absensi. Namun, mahasiswa tersebut harus membuat surat izin tidak menghadiri kuliah dengan ditujukan kepada masing-masing dosen pengampu dan menyerahkan surat diterima kerja prakteknya ke Sekretaiat prodi D.III Teknik Mesin

 

PANDUAN KERJA PRAKTEK

Download

Back to top