All for Joomla All for Webmasters

Pengaplikasian arsitektur hijau (green architecture) di Indonesia saat ini sudah mulai banyak diterapkan , akan tetapi konsep green architecture sering salah dipahami oleh banyak pihak tak terkecuali pula oleh Mahasiswa Arsitektur. Dibutuhkan pemahaman agar konsep green architecture tersebut tidak hanya berupa penampilan fisiknya saja, tetapi juga kepada performanya yang ramah lingkungan.Untuk mendukung terwujudnya green architecture dibutuhkan adanya partisipasi dari berbagai pihak khususnya masyarakat, dibutuhkan sebuah desain bangunan yang dapat menciptakan sebuah komunitas sosial hijau sebagai modal sosial hijau serta gaya hidup hijau, yang dapat memberikan pendidikan hijau kepada masyarakat untuk melaksanakan praktik penerapan prinsip-prinsip arsitektur hijau.

Tujuan dari workshop ini sebagai media edukasi bagi Mahasiswa Arsitektur serta masyarakat untuk memberikan pemahaman akan konsep pendidikan hijau, sehingga dapat menghasilkan suatu desain aplikatif terkait latar belakang acara ini.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Universitas Pendidikan Indonesia Bandung dan mengundang beberapa perguruan tinggi untuk mengikuti kegiatan ini. Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Pancasila mengirimkan 3 mahasiswa Falah Askarullah, M. Khoirudin Kamal dan Gigih Fernaindy.

Kegiatan ini dilaksanakan mulai tanggal 15 - 17 Nopember 2016  selama tiga hari dimana peserta mendapat pendidikan dan bimbingan dari pemateri & juri serta dapat terjun langsung berkomunikasi dengan masyarakat untuk menghasilkan suatu model desain secara berkelompok berdasarkan kasus yang diberikan, dimana hasil desain setiap kelompok tersebut akan dipresentasikan dan dipilih 3 karya terbaik dan seluruh karya peserta akan dipamerkan setelah kegiatan workshop dilaksanakan.

Dalam kegiatan ini Mahasiswa Arsitektur FTUP M. Khoirudin Kamal meraih Juara 1 Workshop Pendidikan Hijau 2016. Pemateri dan juri Kegiatan ini adalah Yu Sing Lim dan Dr . Ery Djunaedy  Materi tentang Desain Paradigma Arsitektur Hijau, Dr.Eng. Usep Surahman, MT Materi Tentang : (Life Cycle), Dr.Eng. Beta Paramita, MT Materi Tentang : Penilaian Bangunan Hijau.

Back to top