All for Joomla All for Webmasters

Tidak dapat dipungkiri, daya tarik Setu Babakan merupakan potensi alam yang langka ditemukan di wilayah DKI Jakarta, apalagi potensi ini dilengkapi dengan kekayaan budaya betawi, merupakan gabungan khas yang menarik untuk dinikmati dan di amati baik dari sisi hiburan maupun sisi akademik.

Program studi Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Pancasila bekerja sama dengan Pengelola Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan mengadakan penyuluhan "Kajian Tata Ruang, Seni dan Arsitektur" di Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan. Ini merupakan implementasi kegiatan Pengabdian Pada masyarakat sebagai tindak lanjut hasil penelitian yang pernah dilaksanakan oleh Jurusan Arsitektur FTUP dalam rangka pencapaian Sasaran Mutu Program Studi Arsitektur FTUP.

Berdasarkan latar belakang diatas, maka tujuan kegiatan ini adalah untuk ; melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengajaran, penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat, menawarkan gagasan desain gerbang setu babakan, menawarkan rancangan gerobak untuk para pedagang kaki lima agar terlihat lebih tertib dan indah, menawarkan gagasan desain panggung pertunjukan seni Betawi dengan cara pandang seni dan arsitektural.

Ketua pelaksana ibu Atri Prautama Dewi, ST., MT. mengatakan manfaat yang diharapkan dari  kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat ini adalah untuk ; Menyebarluaskan keilmuan akademis agar berguna bagi pengembangan dan pelestarian kawasan wisata Perkampungan Budaya Betawi di Setu Babakan. Mengarahkan konsep dan pemikiran masyarakat terhadap pengembangan kawasan wisata Perkampungan Budaya Betawi di Setu Babakan sesuai dengan potensi dan kondisi lingkungannya. Menciptakan dialog yang komunikatif antara pihak akademis dengan pihak masyarakat terhadap cara pengembangan dan pelestarian kawasan wisata Perkampungan Budaya Betawi di Setu Babakan.

Kegiatan Penyuluhan ini dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 4 Juli 2015 dimulai dari pukul 08.00 sampai dengan 12.00 WIB bertempat di Gedung Pertemuan (Zona A), Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan, Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai elemen masyarakat stakeholders Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan, Ketua Lembaga Pengelola Perkampungan Budaya Betawi, Unit Pengelola Kawasan (UPK), Ketua Puslitbang Institut Kesenian Jakarta, anggota masyarakat / warga kawasan Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan, Ketua Jurusan Arsitektur FTUP, Tim Pelaksana PPM Jurusan Arsitektur FTUP, beberapa tenaga pengajar Jurusan Arsitektur FTUP, dan Mahasiswa Jurusan Arsitektur FTUP.

Foto-foto Kegiatan :

Sambutan Ketua Lembaga Pengelola Perkampungan Budaya Betawi

Paparan Materi oleh PPM

Paparan Materi oleh PPM

Sesi diskusi dan tanya jawab

Penyerahan cindera mata

Penyerahan buku hasil penelitian

Penyerahan Banner hasil desain tim PPM

Foto bersama

 

Back to top